Problematika Kemampuan Membaca Permulaan Siswa MIN 4 Langsa

Dwi Rahayu, 1052017084 (2022) Problematika Kemampuan Membaca Permulaan Siswa MIN 4 Langsa. Skripsi thesis, Institut Agama Islam Negeri Langsa.

[img] Text
DWI RAHAYU. 1052017084. PGMI. 2022.pdf

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi kemampuan, problematika dan upaya untuk mengatasi problematika kemampuan membaca permulaan siswa. Penelitian ini merupakan penelitian Deskriptif dengan menggunakan pendekatan kualitatif. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas I (A) di MIN 4 Langsa, tehnik pengumpulan data menggunakan tes, observasi dan wawancara. Hasil dari penelitian ini seluruh siswa MIN 4 Langsa dengan jumlah sampel 30 orang siswa, terdapat 12 orang siswa kemampuan membaca permulaannya sangat baik dan 18 orang siswa mengalami problematika yang harus diberikan perhatian lebih agar problematika tersebut dapat diatasi dengan baik, problematika yang mempengaruhi kemampuan membaca siswa adalah belum mampu memahami aspek-aspek membaca seperti: mengenal huruf, kata, kalimat dan teks bacaan, dan upaya guru untuk mengatasi problematika kemampuan membaca permulaan siswa adalah memberikan dorongan dan motivasi yang besar akan memberikan peningkatan pada kemampuan membaca siswa, memberikan pembelajaran membaca diluar jam kelas setiap hari 1-2 orang siswa yang belum mampu membaca, guru menggunakan buku belajar cepat membaca, Menciptakan suasana belajar yang menyenangkan dengan menyediakan fasilitas dan media yang sesuai dan beragam, Guru menyediakan buku cerita agar siswa lebih tertarik dalam belajar membaca, dan Menggunakan metode permainan kartu bergambar dengan cara mengidentifikasikan gambar apa yang didalam kartu, kemudian siswa diminta menyebutkan huruf yang ada dengan cara mengeja

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing I : Dr. Sabaruddin, M.Si Pembimbing II: Chery Panjaitan, M.Pd
Uncontrolled Keywords: Problematika, Kemampuan Membaca Permulaan
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Umum
Divisions: Fak. Tarbiyah & Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: mrs Editor Pustaka
Date Deposited: 06 Apr 2023 06:15
Last Modified: 06 Apr 2023 06:15
URI: http://digilib.iainlangsa.ac.id/id/eprint/3355

Actions (login required)

View Item View Item