Hayatul Husna, 1052017008 (2021) Penggunaan Diagram Alir (Flowchart) dalam Meningkatkan Aktivitas Belajar Siswa pada Praktikum IPA di MIN 1 Langsa. Skripsi thesis, Institut Agama Islam Negeri Langsa.
Text
HAYATUL HUSNA. 1052017008. PGMI. 2021.pdf Download (2MB) |
Abstract
Pembelajaran IPA cenderung dilakukan dengan menjelaskan materi pelajaran kemudian langsung memberikan catatan atau latihan kepada siswa. Aktivitas belajar siswa pada praktikum IPA masih sangat rendah, disebabkan oleh kurangnya pengalaman siswa dalam praktikum. Guru hanya sekedar menjelaskan, memberikan catatan dan menjawab soal yang ada pada buku pelajaran, itu yang memicu siswa merasa bosan saat belajar dan membuat aktivitas belajar siswa berkurang. Salah satu media pembelajaran yang dapat digunakan untuk menjawab permasalahan diatas antara lain dengan menerapkan media pembelajaran diagram alir (flowchart) dengan memasukkan unsur-unsur keterlibatan siswa secara langsung. Flowchart adalah penggambaran secara grafik dari langkah-langkah dan urutan prosedur suatu program. Berdasarkan latar belakang tersebut Apakah media pembelajaran diagram alir (FlowChart) dapat meningkatkan aktivitas belajar siswa pada praktikum IPA dan bagaimana respon siswa terhadap penggunaan media diagram alir (flowchart) dalam meningkatkan aktivitas belajar pada praktikum IPA. Jenis penelitian yang dilakukan adalah penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan dengan dua siklus. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas V, berjumlah 30 siswa. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, angket, wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah deskriptif kualitatif dengan uji persentase. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pada pratindakan siswa berada pada kategori kurang dan tidak baik. Hal ini dikarenakan kegiatan pembelajaran yang dilakukan kurang terlihat aktivitas siswa seperti aktivitas motorik, mental, emosional, lisan, dan menggambar. Terlihat bahwa aktivitas tiap siswa pada pra tindakan rata-rata 31%. Pada siklus I peningkatan aktivitas siswa mulai terlihat. Tetapi ada beberapa faktor yang mempengaruhi aktivitas belajar dalam melakukan praktikum. Seperti, kurangnya pengalaman siswa dalam melakukan praktikum dan melakukan presentasi dan siswa sulit dalam memecahkan masalah dalam kelompoknya. Terlihat bahwa aktivitas tiap siswa pada siklus I rata-rata 60%. Pada siklus II setelah dilakukan upaya peraikan dengan membantu siswa mengatasi masalah-masalahnya aktivitas siswa menjadi meningkat pada kategori baik. Dengan nilai rata-rata tiap siswa 77%. Hasil dari data wawancara dan didukung oleh data angket yang telah dilakukan kepada siswa bahwa respon siswa rata-rata mencapai 82% hal ini menunjukkan respon yang baik.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Additional Information: | Pembimbing I : Dr. Muhaini, S.Ag, MA Pembimbing II: Suhelayanti, M.Pd.I |
Uncontrolled Keywords: | Diagram Alir, Aktivitas belajar, Praktikum IPA |
Subjects: | Pendidikan > Pendidikan Umum |
Divisions: | Fak. Tarbiyah & Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah |
Depositing User: | mrs Editor Pustaka |
Date Deposited: | 20 Sep 2022 04:00 |
Last Modified: | 20 Sep 2022 04:00 |
URI: | http://digilib.iainlangsa.ac.id/id/eprint/2927 |
Actions (login required)
View Item |