Integrasi Program Full Day School Dan Habituasi Karakter Islami Pada Smp Islam Terpadu Kota Langsa

Dr. Mahyiddin, S.Ag.,M.A, 196907031997021001 (2020) Integrasi Program Full Day School Dan Habituasi Karakter Islami Pada Smp Islam Terpadu Kota Langsa. Jurnal Dedikasi Pendidikan, 4 (2). pp. 399-406. ISSN 2548-8848

[img] Text
Jurnal Dedikasi Pendidikan.pdf

Download (781kB)
Official URL: http://jurnal.abulyatama.ac.id/dedikasi

Abstract

Internalisasi dan habituasi karakter Islami pada sekolah Islam Terpadu diwujudkan melalui program full day school. Melalui pendidikan karakter diharapkan siswa mampu secara mandiri meningkatkan dan menggunakan pengetahuannya, mengkaji dan menanamkan nilai-nilai karakter sehingga terwujud dalam perilaku sehari-hari. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui program unggulan full day school dari SMPIT di Kota Langsa. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan wawancara dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat perbedaan pada kurikulum yang digunakan oleh sekolah dan latar belakang pendidikan guru. SMPIT Muhammadiyah memadukan kurikulum Nasional, pendidikan dayah serta kemuhammdiyahan dan memiliki guru dari lulusan luar negeri dan lulusan dalam negeri, sementara SMPIT Tadzkia mengintegrasikan kurikulum Nasional dengan kurikulum JSIT dan guru lulusan dalam negeri.

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: Full Day School, Habituasi, Integrasi, Karakter Islami, Kurikulum
Subjects: Pendidikan > Kurikulum Pendidikan
Divisions: Fak. Tarbiyah & Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: mrs Editor Pustaka
Date Deposited: 30 Aug 2022 08:23
Last Modified: 30 Aug 2022 08:23
URI: http://digilib.iainlangsa.ac.id/id/eprint/2865

Actions (login required)

View Item View Item