Problematika Guru dalam Pembelajaran Bahasa Arab Secara Daring di MTsS MIM Langsa

Mutia Meilinda, 1022017012 (2021) Problematika Guru dalam Pembelajaran Bahasa Arab Secara Daring di MTsS MIM Langsa. Skripsi thesis, Institut Agama Islam Negeri Langsa.

[img] Text
MUTIA MELINDA.1022017012.PBA.2021.pdf

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif. Penelitian ini membahas tentang Problematika Guru Dalam Pembelajaran Bahasa Arab Secara Daring di MTsS MIM Langsa selama masa Pandemi Covid-19. Selama pembelajaran daring berlangsung peniliti melihat poblematika yang dihadapi guru, atas dasar inilah peneliti ingin meneliti masalah tersebut. Tujuan penelitian ini yaitu untuk mengetahui masalah-masalah yang dihadapi guru dalam proses pelaksanaan kelas daring dan upaya yang dilakukan untuk mengatasi problematika-problematika tersebut. Metode yang dilakukan dalam penelitian ini adalah, observasi, wawancara, yang menjadi sumber data dalam penelitian ini ialah guru bahasa Arab dan Kepala Sekola. Penelitian ini dilakukan di MTsS MIM Langsa. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu, observasi, wawancara dan dokumentasi. Hasil penelitian ini sebagai berikut, 1. Problematika yang dihadapi guru dalam pelaksanaan kelas daring selama pandemi covid-19 yaitu, tidak semua siswa mempunyai smartphone, keterbatasan kuota internet, koneksi internet yang tidak stabil, kurangnya dampingan orang tua pada saat pembelajaran sehingga menyebabkan siswa kurang disiplin. 2. Upaya yang dilakukan untuk mengatasi Problematika Guru Dalam Pembelajaran Bahasa Arab secara daring yaitu bagi siswa yang tidak memiliki smart phone guru menyuruh siswa datang kesekolah untuk dipinjamkan buku dan diajara materi pembelajaran langsung oleh guru, ada juga guru yang menyuruh siswanya untuk datang kerumah guru untuk belajar langsung dengan batasan dan tetap mengikuti protokol kesehatan, bagi siswa yang terkendala dengan kuota internet pihak sekolah memberikan bantuan kepada siswa dari dana BOS sesuai anjuran pemerintah untuk pembelian kuota internet, untuk orang tua harus mengalokasikan waktu mendampingi anaknya pada saat pembelajaran agar anak lebih disiplin dan peduli terhadap pembelajaran.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing I : Burhanuddin Sihotang, MA Pembimbing II: M. Fadli, M.Pd
Uncontrolled Keywords: Problematika Guru, Pembelajaran Daring, Pandemi Covid-19
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Bahasa Arab
Divisions: Fak. Tarbiyah & Ilmu Keguruan > Pendidikan Bahasa Arab
Depositing User: mrs Editor Pustaka
Date Deposited: 04 Aug 2022 02:57
Last Modified: 04 Aug 2022 02:57
URI: http://digilib.iainlangsa.ac.id/id/eprint/2763

Actions (login required)

View Item View Item