Model Pembelajaran Quantum Learning Dan Penerapannya Dalam Pembelajaran Bahasa Arab Di Madrasah Tsanawiyah Swasta Bustanul Huda Langsa.

SITI JAMILAH, 1022017028 (2021) Model Pembelajaran Quantum Learning Dan Penerapannya Dalam Pembelajaran Bahasa Arab Di Madrasah Tsanawiyah Swasta Bustanul Huda Langsa. Skripsi thesis, Institut Agama Islam Negeri Langsa.

[img] Text
SITI JAMILAH.1022017028.PBA.2021.pdf

Download (5MB)

Abstract

Model pembelajaran adalah bentuk pembelajaran yang tergambar dari awal sampai akhir yang disajikan secara khas oleh guru dikelas yang didalamnya terdapat strategi pencapaian. Quantum adalah model pembelajaran yang memberikan kesempatan yang luas, nyaman, dan menyenangkan bagi siswa untuk berperan aktif dalam proses pembelajaran. Oleh sebab ini peneliti tertarik mencoba melakukan penelitian tentang model Quantum Learning dan penerapannya dalam pembelajara Bahasa arab di MTsS Bustanul Huda Langsa, adapaun rumusan masalah penelitian ini adalah 1) Apakah model pembelajaran quantum Larning mampu meningkatkan motivasi belajar bahasa Arab siswa di MTsS Bustanul Huda Langsa 2) bagaimana hasil belajar siswa setelah menerapkan model pembealajaran bahasa Arab di MTsS Bustanul Huda?. Dalam penelitian ini peneliti menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode eksperimen, dan yang menjadi populasi dalam penelitian ini seluruh siswa kelas II MTsS Bustanul Huda Langsa yang berjumlah 68 siswa pada tahun ajaran 2021-2022 dan tehnik pengambilan sampel non probability sampling dan yang menjadi sampelnya kelas VIII¹ sebagai kelas kontrol dengan jumlah 23 orang dan VIII² kelas ekperiman dengan jumlah 23 orang, dan instrument penelitian observasi,angket dan tes. Setelah data terkumpul maka hasil yang didapat peneliti menunjukan penerapan bahwa penerapan model pembelajaran Quantum Learning di MTsS Bustanul Huda Langsa efektif hal ini dibuktikan dengan hasil dari uji t dengan menggunakan SPSS23 0,087 > 0,05 maka hipotesis ini diterima dan jika kurang dari 0.05 maka hipotesis ini ditolak . dan hasil pembelajaran sebelum diterapkan model belajar Quantum Learning nilai rata-rata 55, 21 di kelas kontrol dan 66,73 kelas eksperimen, dan setalah diterapkan model pembalajaran Quantum Learning nilai rata-rata 66,74 untukkelaskontrol dan 78,70 untukkelaseksperimen.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing I : M. Fadhli, MA Pembimbing II: Khuzaimah Alfi Syahrina, MA
Uncontrolled Keywords: Model Quantum Learning, Pembelajaran Bahasa Arab
Subjects: Bahasa Arab > Metode Pembelajaran Bahasa Arab
Divisions: Fak. Tarbiyah & Ilmu Keguruan > Pendidikan Bahasa Arab
Depositing User: mrs Editor Pustaka
Date Deposited: 08 Apr 2022 02:55
Last Modified: 08 Apr 2022 02:55
URI: http://digilib.iainlangsa.ac.id/id/eprint/2375

Actions (login required)

View Item View Item