Mengatasi Dampak Negatif Diskalkulia Dalam Menyelesaikan Masalah Matematika

Dr. Yenny Suzana, M.Pd, 196801211990032001 (2019) Mengatasi Dampak Negatif Diskalkulia Dalam Menyelesaikan Masalah Matematika. Logaritma: Jurnal Ilmu-ilmu Pendidikan dan Sains, 7 (1). pp. 15-26. ISSN 2338-8706

[img] Text
Mengatasi Dampak Negatif Diskalkulia.pdf

Download (493kB)
Official URL: https://doi.org/10.24952/logaritma.v7i01

Abstract

Artikel ini merupakan tulisan dari hasil penenlitian tentang diskalkulia dan masalah pembelajarab matematika. Diskalkulia adalah gangguan belajar matematika pada siswa yang memiliki kesulitan dalam berhitung (counting) dan mengkalkulasi (calculating). Siswa yang mengalami diskalkulia akan menunjukkan kesulitan dalam mengerjakan tugas yang melibatkan angka maupun simbol matematika. Siswa dengan diskalkulia tidak mampu untuk mencerna soal dan melakukan proses matematika, atau memahami soal-soal yang bersifat abstrak. Jadi siswa yang mengalami diskalkulia tidak dapat menyelasaikan masalah matematika seperti siswa-siswa pada umumnya. Sehingga untuk mengatasi dampak negatif tersebut hendaklah masalah matematika yang bersifat abstrak harus divisualisasikan agar siswa dengan gangguan diskalkulia dapat lebih mudah dalam memahami dan menyelesaikan soal matematika.

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: Diskalkulia, masalah matematika, gangguan belajar, berhitung, matematika; artikel; yenny suzana
Subjects: Matematika > Topik Khusus Matematika
Divisions: Fak. Tarbiyah & Ilmu Keguruan > Pendidikan Matematika
Depositing User: mrs Editor Pustaka
Date Deposited: 28 Jan 2022 03:27
Last Modified: 28 Jan 2022 03:27
URI: http://digilib.iainlangsa.ac.id/id/eprint/2260

Actions (login required)

View Item View Item