NUR MASYITAH, 1022011045 (2016) EFEKTIVITAS PENGGUNAAN STILL PICTURES DALAM PEMBELAJARAN KEMAHIRAN BERBICARA DI MTS NEGERI LANGSA. Skripsi thesis, INSTITUT AGAMA ISLAM NEGERI LANGSA.
|
Text
Skripsi Nur Masyitah.pdf Download (5Mb) | Preview |
Abstract
Kemahiran berbicara adalah salah satu kemahiran utama dalam bahasa Arab. Karena asal bahasa itu adalah berbicara. Oleh karena itu kemahiran berbicara sangat penting bagi siswa dalam belajar bahasa Arab. Dengan demikian, seorang guru harus memilih media pembelajaran yang sesuai dalam melakukan proses pembelajaran. Karena media dapat membantu keberhasilan guru dalam mencapai tujuan pembelajaran yang diinginkan. Still Pictures adalah salah satu media pembelajaran yang dapat digunakan guru dalam pembelajaran kemahiran berbicara. Oleh sebab itu penulis ingin melakukan penelitian tentang efektifitas penggunaan Still Pictures dalam pembelajaran kemahiran berbicara di MTs Negeri Langsa, karena media ini belum pernah digunakan di sekolah ini. Dengan demikian peneliti ingin menjawab pertanyaan berikut: Bagaimanakah penggunaan Still Pictures pada pembelajaran kemahiran berbicara di MTs Negeri Langsa? dan Apakah efektifitas penggunaan Still Pictures pada pembelajaran kemahiran berbicara di MTs Negeri Langsa itu efektif? Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui cara penggunaan Still Pictures dalam kemahiran berbicara di MTs Negeri Langsa, dan untuk mengetahui efektifitas penggunaan Still Pictures dalam kemahiran berbicara di sekolah ini. Pada penelitian ini peneliti menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode eksperimen, dengan populasi penelitian yaitu semua siswa kelas delapan sebanyak tujuh kelas dengan jumlah siswa 238 orang, dan adapun sampel penelitian adalah siwa kelas VIII1 dan VIII2, kelas VIII1 sebagai kelas eksperimen dan kelas VIII2 sebagai kelas kontrol, dan teknik pengambilan sampel adalah dengan purposive sampling. Peneliti menggunakan tekhnik pengumpulan data dengan menggunakan observasi, wawancara, tes awal dan tes akhir sebagai instrumen dalam mengumpulkan data, dan sesudah melakukan penelitian, hasil penelitian menunjukkan bahwa: Adapun penggunaan Still Pictures yang berlaku sebagaimana yang dibutuhkan dan sesuai dengan rencana pelaksanaan pembelajaran dan penggunaan Still Pictures dalam kemahiran berbicara di MTs Negeri Langsa sangat efektif. Hal ini dibuktikan dengan tes akhir yang dilakukan di dua kelas karena hasil dari uji (t) 32,5 lebih besar dari pada 2,000 pada uji (t) tabel, maka hal ini menunjukan bahwa hipotesa diterima.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Additional Information: | Pembimbing I: M. Fadli, M.Pd Pembimbing II: Fuji Astuti, MA |
Uncontrolled Keywords: | STILL PICTURE, MAHARAH KALAM |
Subjects: | Bahasa Arab > Metode Pendidikan dalam Bahasa Arab |
Divisions: | Fak. Tarbiyah & Ilmu Keguruan > Pendidikan Bahasa Arab |
Depositing User: | mrs Editor Pustaka |
Date Deposited: | 16 Apr 2018 03:16 |
Last Modified: | 16 Apr 2018 03:16 |
URI: | http://digilib.iainlangsa.ac.id/id/eprint/1262 |
Actions (login required)
View Item |