PENGGUNAAN MEDIA "STICK FIGURE" UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN SISWA TERHADAP QIRA'AH DI MAN SUNGAI LEUNG LANGSA)

LIANA AGUSTINA, 1022012035 (2016) PENGGUNAAN MEDIA "STICK FIGURE" UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN SISWA TERHADAP QIRA'AH DI MAN SUNGAI LEUNG LANGSA). Skripsi thesis, INSTITUT AGAMA ISLAM NEGERI LANGSA.

[img]
Preview
Text
1_7-PDF_LIANA AGUSTINA.pdf

Download (998Kb) | Preview

Abstract

Membaca adalah salah satu keterampilan bahasa yang sangat penting untuk dikembangkan, dan aktivitas membaca pada hakikatnya bukan sekedar mengucapkan lambang-lambang bunyi (huruf) dalam sebuah teks, tetapi merupakan aktivitas memahami qira’ah dengan baik. Fakta di lapangan menunjukkan bahwa proses belajar mengajar antara guru dan siswa di kelas dua sekolah MAN Sungai Lueng Langsa mengalami kesulitan karena para siswa masih kurang dalam pemahaman qira’ah. Untuk itu, pembelajaran bahasa arab di sekolah MAN Sungai Lueng Langsa membutuhkan adanya peningkatan untuk memberikan ketertarikan pada siswa dalam pembelajaran qira’ah. Maka dipilihlah media Stick Figure untuk meningkatkan kemampuan siswa terhadap pemahaman qira’ah disekolah ini. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah: “ bagaimana efektifitas penggunaan media Stick Figure dalam meningkatkan kemampuan siswa terhadap pemahaman qira’ah di MAN Sungai Lueng Langsa? Penelitian ini menggunakan jenis penelitian eksperimen dengan pendekatan kuantitatif. Populasi dari penelitian ini adalah seluruh siswa di kelas dua di sekolah MAN Sungai Lueng Langsa Tahun Pelajaran 2016/2017 yang berjumlah 159 siswa dan sampel dalam penelitian ini adalah kelas XI IPA 1 untuk kelompok kontrol dan XI IPA 4 untuk kelompok eksperimen yang masing-masing berjumlah 22 siswa. Adapun instrumen penelitian adalah observasi, wawancara dan tes. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa penggunaan media stick figure dalam meningkatkan kemampuan siswa terhadap pemahaman qira’ah di MAN Sungai Lueng Langsa adalah efektif. Keefektifan ini diketahui dengan meningkatnya hasil siswa setelah penggunaan media ini dengan hasil siswa sebelum menggunakan media ini dengan menunjukkan kesimpulan dari penelitian bahwa hasil derajat t Hitung lebih besar dari t Tabel yakni 2,319 > 1,684 ini berarti hipotesis terdahulu di terima yaitu penerapan media stick figure dapat menunjukkan keefektifitasannya untuk meningkatkan kemampuan siswa terhadap pemahaman qira’ah.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing I: Dr. Mohd. Nasir, MA Pembimbing II: Hatta Sabri, M.Pd
Uncontrolled Keywords: MEDIA STICK FIGURE, KEMAMPUAN SISWA, QIRA'AH
Subjects: Bahasa Arab > Kemampuan Membaca dalam Bahasa Arab
Pendidikan > Siswa
Divisions: Fak. Tarbiyah & Ilmu Keguruan > Pendidikan Bahasa Arab
Depositing User: mrs Editor Pustaka
Date Deposited: 26 Jan 2018 08:05
Last Modified: 26 Jan 2018 08:05
URI: http://digilib.iainlangsa.ac.id/id/eprint/1138

Actions (login required)

View Item View Item