NURHAYANI , 1012011158 (2016) UPAYA MENINGKATKAN KUALITAS PBM PADA MATERI PAI DENGAN MENGGUNAKAN ICT DI SMAN 1 IDI RAYEUK. Skripsi thesis, INSTITUT AGAMA ISLAM NEGERI COT KALA LANGSA.
|
Text
1_7-PDF_SKRIPSI NURHAYANI.pdf Download (569Kb) | Preview |
Abstract
Pemanfaatan ICT akan membawa perubahan yang sangat berarti, baik dalam sistem pendidikan yang akan dikembangkan, materi yang akan disampaikan, dan bagaimana proses instruksional yang akan dilakukan. Penggunaan ICT secara maksimal dapat memudahkan dalam memberikan materi PAI kepada siswa serta dapat meningkatkan kualitas proses belajar mengajar. Berdasarkan dari latar belakang tersebut maka dalam penelitian ini penulis mengajukan judul “Upaya meningkatkan kualitas PBM pada materi PAI dengan menggunakan ICT di SMA Negeri 1 Idi Rayeuk.” Dari latar belakang diatas maka yang menjadi rumusan masalah dalam penelitian ini adalah: bagaimana upaya meningkatkan kualitas proses belajar mengajar pada materi PAI dengan menggunakan ICT di SMA Negeri 1 Idi Rayeuk. Sedangkan tujuan penelitiannya adalah untuk mengetahui upaya meningkatkan kualitas PBM pada materi PAI dengan menggunakan ICT di SMA Negeri 1 Idi Rayeuk. Penelitian ini tergolong dalam jenis penelitian tindakan kelas (classroom action research). Penelitian tindakan dalam bidang pendidikan yang dilaksanakan dalam kawasan kelas dengan tujuan untuk memperbaiki dan meningkatkan kualitas pembelajaran. Adapun teknik pengumpulan data yang peneliti gunakan adalah tes dan observasi. Dalam menganalisis data peneliti menggunakan rumus ketuntasan belajar klasikal, Tabel Analisis Aktivitas Siswa, dan indikator keberhasilan belajar. Dari penelitian tindakan kelas ini dapat disimpulkan bahwa penerapan media pembelajaran berbasis ICT pada materi Pendidikan Agama Islam dapat meningkatkan kualitas proses belajar mengajar pada siswa di SMAN 1 Idi. Hal ini ditandai oleh peningkatan persentase hasil belajar siswa dan observasi pengamat yang memperoleh kriteria sangat baik yaitu pada siklus I siswa mendapatkan nilai rata-rata keberhasilan 31,25% dan hasil observasi pada pengamat I adalah 55% dan pengamat II adalah 60 % sehingga pada siklus I dianggap tidak berhasil. Pada Siklus ke II terdapat peningkatan yang signifikan yaitu pada siklus II siswa mendapatkan nilai rata-rata keberhasilan 81,25% dan hasil observasi pada pengamat I adalah 82,5 % dan pengamat II adalah 87,5 %. Dari hasil siklus ke II Sehingga dari hasil proses pembelajaran pada siklus ke II telah melampaui indikator keberhasilan rata-rata yaitu sebesar 80%, maka penelitian PTK ini terkatagori berhasil.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Additional Information: | Pembimbing I: Dra. Hj. Purnamawati, M.Pd Pembimbing II: Nani Endri Santi, MA |
Uncontrolled Keywords: | KUALITAS PBM, ICT |
Subjects: | Pendidikan > Metode Pendidikan |
Divisions: | Fak. Tarbiyah & Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | mrs Editor Pustaka |
Date Deposited: | 16 Jan 2018 04:18 |
Last Modified: | 16 Jan 2018 04:18 |
URI: | http://digilib.iainlangsa.ac.id/id/eprint/1120 |
Actions (login required)
View Item |