PENINGKATAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIS MELALUI MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED INSTRUCTION (PBI)

IMELDA, 131000665 (2015) PENINGKATAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIS MELALUI MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED INSTRUCTION (PBI). Skripsi thesis, IAIN ZAWIYAH COTKALA LANGSA.

[img]
Preview
Text
1_7-PDF_BAB 1-3 .pdf

Download (158Kb) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan pemecahan masalah matematis siswa pada materi aritmatika sosial, dengan judul “Peningkatan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa Melalui Model Pembelajaran Problem Based Instruction (PBI) Pada Pokok Bahasan Aritmatika Sosial di Kelas VII SMP Negeri 5 Langsa”.Adapun rumusan masalah yang diangkat dari penelitian ini adalah; (1) Bagaimana peningkatan kemampuan pemecahan masalah matematis siswa yang memperoleh pembelajaran menggunakan model problem based instruction (PBI);. Penelitian ini merupakan jenis Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Penelitian ini dilaksanakan dalam dua siklus, dengan tahapan tiap siklus terdiri atas; perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi tindakan. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas VII/6 SMP Negeri 5 Langsa yang berjumlah 22 orang yang keseluruhannya merupakan laki-laki, sedangkan objek dalam penelitian ini adalah Peningkatan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa Melalui Model Pembelajaran Problem Based Instruction (PBI) Pada Pokok Bahasan Aritmatika Sosial. Instrumen yang digunakan untuk memperoleh data dalam penelitian ini adalah Tes Kemampuan Pemecahan Masalah sebanyak 4 soal yang telah di validasi dengan koefisien reliabilitasnya 0,59 (cukup). Dari hasil penelitan diperoleh bahwa terjadi peningkatan persentase rata-rata skor hasil tes terhadap siswa yaitu dari 40% yang tuntas dan yang tidak tuntas 60% pada siklus I pada siklus II menjadi 86,3% yang tuntas dan 13,7% yang tidak tuntas.Dengan demikian, sesuai dengan indikator keberhasilan tindakan yaitu,85% dari siswa yang mencapai KKM yang di tetapkan oleh sekolah sebesar 70 (Tuntas) dapat dilihat keberhasilannya pada siklus II, dan peningkatan persentase antara kedua siklus yaitu, 45,5%. Berdasarkan hasil penelitian tersebut penulis berkesimpulan bahwa penerapan model pembelajaran Problem Based Instruction (PBI) pada pokok bahasan aritmatika sosial dapat meningkatkan kemampuan pemecahan masalah matematis siswa di kelas VII SMP Negeri 5 Langsa.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing I: Nuraida, M.Pd Pembimbing II: Marzuki, M.Pd
Uncontrolled Keywords: MODEL PEMBELAJARAN, PROBLEM BASED INSTRUCTION (PBI)
Subjects: Matematika > Metode Pembelajaran Ilmu Matematika
Divisions: Fak. Tarbiyah & Ilmu Keguruan > Pendidikan Matematika
Depositing User: mrs Editor Pustaka
Date Deposited: 06 Oct 2017 08:28
Last Modified: 06 Oct 2017 08:28
URI: http://digilib.iainlangsa.ac.id/id/eprint/989

Actions (login required)

View Item View Item