DESSY BR KARO, 1032010059 (2016) PENGARUH PENILAIAN KINERJA TERHADAP MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS X SMA NEGERI 5 LANGSA. Skripsi thesis, IAIN ZAWIYAH COTKALA LANGSA.
|
Text
READY.pdf Download (574Kb) | Preview |
Abstract
Penilaian kinerja secara sederhana dapat dinyatakan sebagai penilaian terhadap kemampuan dan sikap siswa yang ditunjukkan melalaui suatu perbuatan. Penilaian kinerja merupakan penilaian terhadap perolehan, menerapkan pengetahuan dan keterampilan yang menunjukkan kemampuan siswa dalam proses maupun produk yang mengacu pada standar terntu. Tujuan penelitian ini adalah 1) Untuk mengetahui apakah terdapat pengaruh penilaian kinerja terhadap motivasi matematika siswa kelas X SMA Negeri 5 Langsa. 2)Untuk mengetahui apakah terdapat pengaruh penilaian kinerja terhadap hasil belajar matematika siswa kelas X SMA Negeri 5 Langsa. Penelitian ini dilakukan di SMA Negeri 5 Langsa pada semester ganjil tahun ajaran 2015/2016. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X SMA Negeri 5 Langsa. Dari hasil proses pengambilan sampel dengan menggunakan teknik random sampling dengan cara acak kelas, diperoleh kelas X III dengan jumlah 36 orang sebagai kelas eksperimen, dan kelas X IV dengan jumlah 36 orang sebagai kelas kontrol. Instrumen yang digunakan adalah angket berjumlah 20 item untuk mengukur motivasi belajar siswa dan tes uraian yang terdiri dari 5 soal untuk melihat hasil belajar siswa. Analisis data untuk menguji hipotesis dalam penelitian ini menggunakan uji t. Berdasarkan hasil analisis data diproleh (1) thitung =7,28 dan ttabel = 2 dengan taraf signifikan α = 0,05, maka diperoleh – ttabel ≤ thitung ≥ + ttabel yaitu -2 ≤ 7,28 ≥ +2 sehingga dinyatakan tolak H0 dan terima Ha, dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan dari penggunaan penilaian kinerja terhadap motivasi belajar matematika siswa kelas X SMA Negeri 5 Langsa (2) hasil analisis data dari hasil belajar diperoleh 4,17 ≥ 2 pada taraf signifikan α = 0,05, diperoleh thitung ≥ ttabel dan dinyatakan terima Ha sehingga diperoleh bahwa terdapat pengaruh yang signifikan terhadap penilaian kinerja terhadap hasil belajar siswa kelas X SMA Negeri 5 Langsa tahun pelajaran 2015/2016.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Additional Information: | Pembimbing I: Jelita, M.Pd Pembimbing II: Nurmawati, M.Pd |
Uncontrolled Keywords: | MOTIVASI, HASIL BELAJAR MATEMATIKA |
Subjects: | Matematika > Metode Pembelajaran Ilmu Matematika |
Divisions: | Fak. Tarbiyah & Ilmu Keguruan > Pendidikan Matematika |
Depositing User: | mrs Editor Pustaka |
Date Deposited: | 06 Oct 2017 02:30 |
Last Modified: | 06 Oct 2017 02:30 |
URI: | http://digilib.iainlangsa.ac.id/id/eprint/986 |
Actions (login required)
View Item |