DEDE ASLINDA, 1032011167 (2016) MODEL PEMBELAJARAN COOPERATIVE INTEGRATED READING AND COMPOSITION (CIRC) SERTA PENGARUHNYA TERHADAP KETUNTASAN BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS VII DI SMP NEGERI 12 LANGSA. Skripsi thesis, IAIN ZAWIYAH COTKALA LANGSA.
|
Text
1_7-PDF_SKRIPSI DEDE ASLINDA.pdf Download (1540Kb) | Preview |
Abstract
Dalam keseluruhan proses pendidikan di sekolah, proses belajar mengajar merupakan kegiatan inti. Melalui proses belajar akan dicapai tujuan instruksional pendidikan dalam bentuk perubahan tingkah laku belajar agar memperoleh ketuntasan dalam belajar karena belajar tuntas sangat penting dalam mencapai hasil belajar yang baik. Masalah ketuntasan belajar merupakan masalah yang sangat penting bagi para siswa dalam mencapai keberhasilan belajarnya, terlebih lagi bagi para siswa yang mengalami kesulitan belajar. Guru matematika yang mengajar di kelas VII SMP Negeri 12 Langsa menyatakan bahwa sulitnya siswa dalam menyelesaikan soal cerita pada materi pecahan dan guru juga belum menemukan model pembelajaran yang tepat untuk materi pecahan, hal inilah yang mengakibatkan ketuntasan belajar siswa pada materi pecahan masih dikategorikan rendah. Model Pembelajaran Cooperative Integrated Reading and Composition (CIRC) merupakan salah satu tipe dari model pembelajaran kooperatif, Cooperative Integrated Reading and Composition (CIRC) diartikan sebagai suatu model pembelajaran kooperatif yang mengintegrasikan suatu bacaan pada soal matematika secara menyeluruh kemudian mengkomposisikannya menjadi bagianbagian yang penting dalam memecahkan suatu masalah. Tujuan penelitian ini yaitu untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran CIRC terhadap ketuntasan belajar matematika siswa kelas VII di SMP Negeri 12 Langsa. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah: Adakah pengaruh Model Pembelajaran Cooperative Integrated Reading and Composition (CIRC) Terhadap Ketuntasan Belajar Matematika Siswa Kelas VII di SMP Negeri 12 Langsa. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode eksperimen dengan pendekatan kuantitatif, rancangan penelitiannya desain randomized control group pretes- posttest. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VII SMP Negeri 12 Langsa yang terdiri dari 4 kelas berjumlah 105 siswa dan sampel dalam penelitian ini adalah 2 kelas yaitu kelas VII 3 sebagai kelas eksperimen yang berjumlah 26 siswa dan VII 4 sebagai kelas kontrol yang berjumlah 26 siswa. Instrumen yang digunakan adalah tes berbentuk uraian dengan jumlah 5 butir soal. Berdasarkan hasil uji coba di peroleh validitas tes 0,896 dan reabilitas tes 0,93 sehingga dapat disimpulkan bahwa instrument memenuhi syarat untuk pengumpulan data dalam penelitian ini. Data yang terkumpul dianalisis dengan menggunakan uji t.Berdasarkan hasil analisis data diperoleh thitung = 5,386 dan ttabel =2,0105 pada taraf signifikan α = 0,05, sehingga dapat diperoleh –ttabel ≤ thitung ≥ ttabelyaitu - 2,0105 ≤ 5,386 ≥ 2,0105 dan dinyatakan tolak Ho dan terima Ha sehingga diperoleh kesimpulan bahwa terdapat pengaruh signifikan dari penggunaan Model Pembelajaran Cooperative Integrated Reading and Composition (CIRC) Terhadap Ketuntasan Belajar Matematika Siswa Kelas VII di SMP Negeri 12 Langsa.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Additional Information: | Pembimbing I: Jelita, M.Pd Pembimbing II: Ariyani Muljo, M.Pd |
Uncontrolled Keywords: | COOPERATIVE INTEGRATED READING AND COMPOSITION (CIRC), METODE PEMBELAJARAN |
Subjects: | Matematika > Metode Pembelajaran Ilmu Matematika |
Divisions: | Fak. Tarbiyah & Ilmu Keguruan > Pendidikan Matematika |
Depositing User: | mrs Editor Pustaka |
Date Deposited: | 06 Oct 2017 02:17 |
Last Modified: | 06 Oct 2017 02:17 |
URI: | http://digilib.iainlangsa.ac.id/id/eprint/985 |
Actions (login required)
View Item |