PENINGKATAN KEMANDIRIAN BELAJAR MATEMATIKA SISWA MELALUI MODEL GUIDED NOTE TAKING PADA SISWA KELAS XI DI SMA NEGERI 1 PEUDAWA

NURHASANAH, 1032010045 (2015) PENINGKATAN KEMANDIRIAN BELAJAR MATEMATIKA SISWA MELALUI MODEL GUIDED NOTE TAKING PADA SISWA KELAS XI DI SMA NEGERI 1 PEUDAWA. Skripsi thesis, IAIN ZAWIYAH COTKALA LANGSA.

[img]
Preview
Text
READY.pdf

Download (748Kb) | Preview

Abstract

Salah satu kemampuan yang diharapkan dikuasai siswa dalam pembelajaran matematika adalah kemampuan siswa dalam memecahkan masalah-masalah open ended. Open ended merupakan suatu pendekatan pembelajaran dengan menyajikan masalah yang memiliki penyelesaian benar lebih dari satu atau jawaban benar lebih dari satu sehingga siswa secara aktif mengembangkan metode, cara, atau pendekatan yang berbeda untuk menyelesaikan masalah yang diberikan. Karena dengan kegiatan memecahkan masalah – masalah open ended siswa dapat mengembangkan keterampilan bermatematika lainnya. Dalam proses belajar mengajar kegiatan keterampilan berfikir dan memecahkan masalahmasalah open ended belum begitu membudaya. Maka apabila siswa dihadapkan pada soal matematika yang berbentuk banyak penyelesaian, siswa tidak mampu menyelesaikan soal tersebut karena siswa tidak terbiasa menjawab soal–soal yang berbentuk banyak penyelesaian. Salah satu alternatif yang dapat membantu siswa dalam memecahkan masalah- masalah open ended adalah dengan menggunakan model pembelajaran co-op co-op. Model pembelajaran co-op co-op merupakan suatu model pembelajaran yang dirancang untuk memperoleh pemahaman bagaimana pengetahuan dibangun (dikontruksi) dan digunakan.Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: efektifitas model pembelajaran co-op co-op dalam memecahkan masalah-masalah open ended pada siswa kelas VII. Penelitian ini dilakukan di SMP Negeri 2 Langsa pada semester genap tahun ajaran 2014/2015. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VII SMP Negeri 2 Langsa. Dari hasil pengambilan sampel dengan menggunakan teknik random sampling dengan cara acak kelas, diperoleh kelas VII-6 dengan jumlah 30 orang siswa sebagai kelas eksperimen, dan kelas VII-8 dengan jumlah 26 orang siswa sebagai kelas kontrol. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian kuantitatif. Pengumpulan data menggunakan instrumen berupa tes uraian yang terdiri dari 4 soal. Analisis data untuk menguji hipotesis dalam penelitian ini menggunakan uji t dengan taraf signifikan () = 0,05 dan dk = (n1 + n2 – 2). Dari hasil pengujian diperoleh bahwa = 2,88 dan nilai = 2,00. Karena > , maka dapat ditarik kesimpulan bahwa Ho ditolak dan Ha diterima, sehingga dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran co-op co-op sangat efektif dalam memecahkan masalah–masalah open ended siswa di kelas VII SMP Negeri 2 Langsa.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing I: Drs.H. Basri Ibrahim, MA Pembimbing II: Srimuliati, M.Pd
Uncontrolled Keywords: MODEL PEMBELAJARAN CO-OP CO-OP, OPEN ENDED
Subjects: Matematika > Metode Pembelajaran Ilmu Matematika
Divisions: Fak. Tarbiyah & Ilmu Keguruan > Pendidikan Matematika
Depositing User: mrs Editor Pustaka
Date Deposited: 04 Oct 2017 03:59
Last Modified: 04 Oct 2017 03:59
URI: http://digilib.iainlangsa.ac.id/id/eprint/982

Actions (login required)

View Item View Item