METODE PENDIDIKAN AKHLAK BAGI REMAJA DI KAMPONG ALUR BEMBAN KECAMATAN KARANG BARU KABUPATEN ACEH TAMIANG

KIKI WINANDA, 1012011150 (2015) METODE PENDIDIKAN AKHLAK BAGI REMAJA DI KAMPONG ALUR BEMBAN KECAMATAN KARANG BARU KABUPATEN ACEH TAMIANG. Skripsi thesis, IAIN ZAWIYAH COTKALA LANGSA.

[img]
Preview
Text
READY.KIKI WINANDA.1012011150.PAI.2015.pdf

Download (1014Kb) | Preview

Abstract

Keluarga merupakan paranata sosial yang berperan urgensi di dalam pengasuhan anak-anak. Disini ada ibu/bapak yang berusaha mendidik dan menuntun para putra- putrinya untuk menjadi mereka orang dewasa yang sempurna secara rohani dan jasmani. Metode pun menjadi suatu yang penting di dalam mengarahkan mereka kepada pendidikan di dalam keluarga yang utama. Bagi setiap muslim tentu mendambakan agar kehidupan mereka kelak menjadi hamba Tuhan yang muslim dan saleh. Untuk itu pola asuhpun diarahkan kepada kemauan untuk terbinanya akhlak anak sesuai pendidikan di dalam Islam melalui metode ketauladanan, nasehat, pembiasaan, kasih sayang perhatian, hukuman dan ganjaran yang ada diterapkan oleh para orang tua di Kampong Alur Bemban, Kecamatan Karang Baru, Kabupaten Aceh Tamiang. Rumusan masalah ini adalah mambahas tentang apakah metode yang paling dominan dalam pendidikan akhlak, tentang bagaimanakah metode pelaksanaan pendidikan akhlak remaja dan apakah faktor- faktor yang mempengaruhi pendidikan akhlak remaja di kampong Alur Bemban Kecamatan Karang Baru Kabupaten Aceh Tamiang. Tujuan penelitan ini adalah untuk mengetahui pelaksanaan metode yang diterapkan oleh para orang tua di dalam keluarga yang sesuai dengan pendidikan Islam, bagaimana pengaruhnya metode tersebut di dalam pembinaan akhlak anak remaja mereka di Kampong Alur Bemban serta hambatan- hambatan yang dihadapi di dalam menerapkannya. Adapun metode yang digunakan adalah metode deskriptif, yaitu berusaha menjelaskan gambaran tentang sesuatu aksi, tindakan ataupun perbuatan dari subjek dan objek penelitian di lapangan guna mendapatkan pengalaman ilmiah di dalamnya , Field reseach (penelitian lapangan) dilakukan guna mendapatkan data-data primer dan sekunder melalui observasi, penyebaran angket dan wawancara dengan para responden sampling. Data diolah secara statistik sederhana dengan membandingkan secara persentase antara data harapan dan data kenyataannya di lapangan guna dianalisa untuk menarik suatu kesimpulan komulatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa para orang tua telah melaksanakan secara baik metode pendidikan dalam Islam dengan hasil tingkatan sedangan (2,561) atau 85 %, terpaut pada hasil tertingginya, yakni 3,00 (100%). Dan pembinaan dengan point (2,582) atau 86 % dengan katagori sedangan. Artinya metode tersebut telah dilaksanakan oleh para orang tua di dalam keluarga sudah ada pemerataan di dalam pelaksanaan dan penerimaannya oleh si anak namun perubahan dengan pemberian metode itu sendiri yang belum sepenuhnya diserap oleh sang anak.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing I: Drs. H. M. Yunus Ibrahim, M.Pd Pembimbing II: Mukhlis, Lc, M.PdI
Uncontrolled Keywords: PENDIDIKAN AKHLAK
Subjects: Hukum Islam > Akhlak
Pendidikan > Pendidikan Islam
Divisions: Fak. Tarbiyah & Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: mrs Editor Pustaka
Date Deposited: 03 Oct 2017 08:48
Last Modified: 03 Oct 2017 08:48
URI: http://digilib.iainlangsa.ac.id/id/eprint/969

Actions (login required)

View Item View Item