JOKO RAMADHAN, 1012011013 (2016) KOMPETENSI KEPRIBADIAN KEPALA SEKOLAH DALAM MENINGKATKAN KEDISIPLINAN GURU PAI DI MTsS YASPENDI SUNGAI IYU. Skripsi thesis, IAIN ZAWIYAH COTKALA LANGSA.
|
Text
1_7-PDF_Joko Ramadhan.pdf Download (266Kb) | Preview |
Abstract
Jabatan kepala sekolah merupakan salah satu jenis jabatan kepemimpinan dalam dunia pendidikan. Ditinjau dari pengertiannya, kepemimpinan pendidikan secara umum mempunyai makna “sebagai satu kemampuan dan proses mempengaruhi, mengkoordinir, dan menggerakkan orang lain yang ada hubungannya dengan pengembangan ilmu pendidikan, pelaksanaan pendidikan dan pengajaran, agar supaya kegiatan-kegiatan yang dijalankan dapat lebih efisien dan efektif di dalam pencapaian tujuan-tujuan pendidikan dan pengajaran" Kompetensi Kepribadian adalah kemampuan yang melekat dalam diri pendidik secara mantap, stabil, dewasa, arif, dan berwibawa menjadi teladan bagi anak didik, dan berakhlak mulia. Kepala sekolah sebagai pemimpin pendidikan pada umumnya dan sebagai penggungjawab secara langsung terselenggaranya proses belajar dalam lingkungan sub sistem persekolahan yang menjadi wewenangnya pada khususnya, senantiasa dituntut melakukan berbagai inovasi (pembaharuan) yakni mengembangkan sekolah sebagai Penelitian ini ditempuh bertujuan untuk mengetahui kompetensi kepribadian kepala sekolah MTsS Yaspendi Sungai Iyu dalam meningkatkan kedisiplinan guru. Dan juga untuk mengetahui kendala-kendala yang dihadapi kepala sekolah MTsS Yaspendi Sungai Iyu dalam meningkatkan kedisiplinan guru. Penelitian ini ditempuh dengan menggunakan metode field research (penelitian lapangan) serta dengan menelaah sejumlah sumber tertulis di perpustakaan (library research) yang ada kaitannya dengan kajian skripsi ini. Sementara teknik dan instrument pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara serta observasi di MTsS Yaspendi Sungai Iyu. Hasil dari penelitian ini dapat penulis uraikan bahwa kepala sekolah MTsS Sungai Iyu sudah memenuhi kriteria-kriteria sebagai seorang pemimpin yang baik, dimana kepala sekolah MTsS Sungai Iyu sudah secara mantap, stabil, dewasa, arif, dan berwibawa menjadi teladan bagi anak didik, dan berakhlak mulia dalam menjalankan tugasnya sebagai seorang pemimpin. Kepala sekolah MTsS juga mau mendengar pendapat bawahan dan juga dapat bekerjasama baik dengan guru maupun perangkat lainnya yang dapat mendukung kegiatan belajar mengajar. Namun, walaupun kompetensi kepribadian kepala sekolah MTsS Sungai Iyu sudah baik, masih saja ada kendala kepala sekolah dalam mengoptimalkan kinerja guru di MTsS Yaspendi Sungai Iyu yaitu : 1) disiplin kerja guru yang masih kurang hal itu mungkin disebabkan karena kesadaran guru yang masih minim akan tugas dan kewajiban sera tata tertib yang seharusnya ditaati. 2) komunikasi di sekolah masih kurang karena kesibukan masing-masing setiap harinya saya tidak pasti bertemu dengan beberapa guru sehingga jarang terjadi komunikasi yang intensif. 3) partisipasi guru disini masih belum maksimal karena sebagian guru mungkin belum berani mengutarakan pendapat ataupun kesulitannya saat rapat.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Additional Information: | Pembimbing I: Drs. H.Basri Ibrahim, MA Pembimbing II: Bapak Junaidi, M.Pd.I |
Uncontrolled Keywords: | DISIPLIN GURU |
Subjects: | Pendidikan > Pengajar/Guru |
Divisions: | Fak. Tarbiyah & Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | mrs Editor Pustaka |
Date Deposited: | 03 Oct 2017 03:03 |
Last Modified: | 03 Oct 2017 03:03 |
URI: | http://digilib.iainlangsa.ac.id/id/eprint/963 |
Actions (login required)
View Item |