PENGGUNAAN PERMAINAN KOKAMI DALAM PEMBELAJARAN KETERAMPILAN BERBICARA(PENELITIAN EKSPERIMEN DI MADRASAH ULUMUL QUR'AN LANGSA)

SYARIFAH FADHILAH, 121000567 (2015) PENGGUNAAN PERMAINAN KOKAMI DALAM PEMBELAJARAN KETERAMPILAN BERBICARA(PENELITIAN EKSPERIMEN DI MADRASAH ULUMUL QUR'AN LANGSA). Skripsi thesis, INSTITUT AGAMA ISLAM NEGERI COT KALA LANGSA.

[img]
Preview
Text
ready.pdf

Download (805Kb) | Preview

Abstract

Saya melihat bahwa banyak dari guru masih menggunakan permainan bahasa yang lama dalam kegiatan pembelajaran bahasa arab, dan permainan ini belum mendorong siswa dalam pembelajaran bahasa arab khususnya pada kecakapan berbicara, dan mereka mengalami masalah seperti bosan, ngantuk, malas dll. Dan untuk mengatasi masalah-masalah tersebut yaitu dengan menggunakan permainan kokami dalam kecakapan berbicara untuk meningkatkan kemampuan mereka. Berdasarkan pada permasalahan diatas rumusan penelitian ini adalah bagaimana minat belajar murid dalam kecakapan berbicara dengan menggunakan permainan kokami. Bagaimana efektifitas penggunaan permainan kokami pada pembelajaran keterampilan berbicara. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian eksperimen, penelitian ini berlangsung selama lima kali pertemuan. Populasi dan sampel dalam penelitian ini adalah siswa dikelas delapan di Madrasah Tsanawiyah Ulumul Qur’an Langsa. Instrument yang digunakan dalam pengumpulan data adalah observasi, wawancara, dan test. Hasil penelitian dengan menggunakan permainan kokami efektif dalam meningkatkan kemampuan siswa dalam penggunan mufradat, dan efektif dalam meningkatkan kemampuan siswa dalam pengucapan suara, dan berbicara dengan menggunakan tata bahasa, dan dapat meningkatkan kemampuan siswa dalam berbicara secara spontalitas. dan penggunan permainan kokami efektif dalam meningkatkan minat siswa, dan deskripsi dari hasil penelitian didapat bahwa kemampuan siswa meningkat dengan hasil 19,22 dan hal ini menunjukan bahwa kegiatan belajar mengajar dengan menggunakan permainan kokami efektifitas dan berpengaruh dalam meningkatkan kemahiran dan kecakapan berbicara. Oleh karena itu diharapkan pada guru bahasa arab untuk menggunakan metode dan media yang sesuai dengan materi pembelajaran dalam kecakapan bahasa, juga menggunakan permainan yang sesuai dan terbaru, dan diharapkan pada guru untuk menggunakan permainan kokami dalam pembelajaran bahasa arab.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing I : Dr. Mohd.Nasir, M.A Pembimbing II: Hatta Sabri, M.Pd
Uncontrolled Keywords: KOKAMI, KETERAMPILAN BICARA
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Bahasa Arab
Pendidikan > Metode Pengajaran
Divisions: Fak. Tarbiyah & Ilmu Keguruan > Pendidikan Bahasa Arab
Depositing User: mrs Editor Pustaka
Date Deposited: 01 Aug 2017 08:45
Last Modified: 01 Aug 2017 08:45
URI: http://digilib.iainlangsa.ac.id/id/eprint/916

Actions (login required)

View Item View Item