PENERAPAN PERMAINAN BAHASA MAKE A MATCH UNTUK MENINGKATKAN KEMAHIRAN BERBICARA SISWA

AVINIE DARMANSYAH, 121000531 (2015) PENERAPAN PERMAINAN BAHASA MAKE A MATCH UNTUK MENINGKATKAN KEMAHIRAN BERBICARA SISWA. Skripsi thesis, INSTITUT AGAMA ISLAM NEGERI COT KALA LANGSA.

[img]
Preview
Text
READY.pdf

Download (364Kb) | Preview

Abstract

Permainan bahasa merupakan factor pendukung keberhasilan dalam pengajaran bahasa arab. Dalam memilih permainan bahasa ada beberapa hal yang perlu diperhatikan, antara lain : tujuan yang ingin dicapai, materi yang disampaikan, dan kemampuan guru yang mengajar permainan bahasa tersebut. Meskipun demikian, permainan bahasa juga memiliki kelebihan dan kekurangan. Permainan Bahasa Make a Match adalah cara menyajikan materi pembelajaran dengan mencari pasangan melalui kartu pertanyaan dan kartu jawaban yang harus ditemukan dan didiskusikan oleh pasangan siswa tersebut. Guru membagi bahan ajar kepada siswa berupa kartu pertanyaan dan kartu jawaban, kemudian guru membacakan bahan ajar tersebut dengan intonasi yang benar, siswa menyimak bacaan guru, dan guru menyimak setelah itu menirukan bacaan guru, dan guru menyimak latihan membaca dialog siswa serta memberikan perintah agar mengulang-ngulang dialog hingga lancer tanpa menggunakan konsep. Oleh karena itu, rumusan masalah dalam penelitian ini adalah bagaimana penerapan permainan bahasa Make a Match untuk meningkatkan kemahiran berbicara siswa di MAN Negeri Kuala Simpang dan apa-apa saja kesulitan yang dihadapi siswa didalam menerapkan permainan bahasa Make a Match untuk meningkatkan kemahiran berbicara siswa di MAN Negeri Kuala Simpang. Dalam penelitian ini, peneliti menggunakan metode kualitatif dan alat penelitian yang digunakan dalam penelitian ini berupa observasi, wawancara, dan angket. Berdasarkan angket, peneliti melihat bahwa siswa didalam berbicara bahasa arab dinilai rendah, dengan permasalahan yang dihadapi siswa bermacammacam seperti kurang menghafal mufradat, tidak mengetahui arti kosakata, tidak ada suasana belajar yang baru, kurangnya jam pelajaran, dan sebagainya.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing 1 : Dr. Mohd. Nasir, Pembimbing 2 : Mukhlis, Lc, M.Pd.I
Uncontrolled Keywords: KEMAMPUAN MAHASISWA, SPEAKING
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Bahasa Arab
Pendidikan > Siswa
Divisions: Fak. Tarbiyah & Ilmu Keguruan > Pendidikan Bahasa Arab
Depositing User: mrs Editor Pustaka
Date Deposited: 01 Aug 2017 08:38
Last Modified: 01 Aug 2017 08:38
URI: http://digilib.iainlangsa.ac.id/id/eprint/915

Actions (login required)

View Item View Item