PENGGUNAAN TEHNIK DALAM MENGAJAR BAHASA ARAB PADA PRODI PENDIDIKAN BAHASA INGGRIS DI IAIN ZAWIYAH COT KALA LANGSA

MASTHURA, 121000444 (2015) PENGGUNAAN TEHNIK DALAM MENGAJAR BAHASA ARAB PADA PRODI PENDIDIKAN BAHASA INGGRIS DI IAIN ZAWIYAH COT KALA LANGSA. Skripsi thesis, INSTITUT AGAMA ISLAM NEGERI COT KALA LANGSA.

[img]
Preview
Text
READY.pdf

Download (377Kb) | Preview

Abstract

Tehnik mengajar adalah persiapan untuk melakukan metode pengajaran. Oleh karena itu, tehnik mengajar adalah langkah, peraturan dan persiapan bersama media pembelajaran di dalam kelas untuk tercapainya tujuan pembelajaran. Dalam kegiatan belajar bahasa arab, khususnya di semester tiga pada Prodi pendidikan Bahasa Inggris di IAIN Zawiyah Cot Kala Langsa, pada banyak kesempatan, dosen memberikan banyak waktu dan kesempatan kepada mahasiswa untuk ikut serta dan aktif dalam kegiatan belajar mengajar. Berdasrkan hal tersebut, peneliti mengangkat sebuah penelitian yang sifatnya deskriftif terhadap proses kegiatan belajar mengajar bahasa arab pada Prodi pendidikan Bahasa Inggris di IAIN Zawiyah Cot Kala Langsa yang kegiatan tersebut berlangsung dengan proses yang beragam dan beda dengan prodi bahasa arab. Hal ini berdasarkan dari kajian awal (observasi awal) yang peneliti lakukan pada Prodi pendidikan Bahasa Inggris di IAIN Zawiyah Cot Kala Langsa yang sebahgian mahasiswanya juga mengalami kesulitan dalam memahami materi bahasa arab dan sebahagian yang lain mudah memahaminya, berdasarkan hal ini, maka peneliti mengangakat sebuah kajian ilmiah dengan judul : Penggunaan Tehnik dalam Mengajar Bahasa Arab pada Prodi Pendidikan Bahasa Inggris di IAIN Zawiyah Cot Kala Langsa Adapun tujuan penelitian di dalam skripsi ini yaitu untuk mengetahui tehnik apa saja yang digunakan dalam mengajar bahasa arab pada Prodi pendidikan Bahasa Inggris di IAIN Zawiyah Cot Kala Langsa. Untuk mengetahui permasalahan yang dihadapi oleh dosen bahasa arab dalam mengajar bahasa arab dengan menggunakan tehnik mengajar tersebut, Dan apa solusi yang di lakukan oleh dosen bahasa arab untuk mengatasi kesulitan tersebut? Peneliti membuat skripsi ini menggunakan metode Analisis Deskriptif dan untuk mengumpulkan data, peneliti mengambilnya dari buku-buku yang berkaitan dengan skripsi ini pada perpustakaan. Selain mengambil dari buku-buku peneliti mengadakan observasi langsung dan wawancara secara pribadi dengan dosen Bahasa Arab serta membagikan angket kepada mahasiswa pada Prodi pendidikan Bahasa Inggris di IAIN Zawiyah Cot Kala Langsa Hasil penelitian menunjukkan bahwa : Tehnik yang digunakan oleh dosen bahasa arab yaitu tehnik tanya jawab dan diskusi tentang materi pelajaran yaitu ل materi bahasa arab. Dan permasalahan yang di hadapi oleh dosen bahasa arab ketika mengajar adalah minimnya perhatian dan minat mahasiswa dalam kegiatan belajar mengajar, kemudian mereka juga merasa lelah dan tidak semangat di tambah seringnya mereka berbicara ketika dosen sedang menjelaskan materi. Adapun solusi yang di lakukan oleh dosen bahasa arab ada ٢ (dua) hal, pertama dari diri dosen itu sendiri yaitu motivasi dan tujuan mengajar yang dimiliki oleh dosen dan yang kedua dari lingkungan, mahasiswa dan juga intrumen yang digunakan ketika mengajar bahasa arab di kelas.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing I :Burhanuddin Sihotang, MA Pembimbing II: Meutia Rahmah, MA
Uncontrolled Keywords: METODE PENGAJARAN BAHASA ARAB
Subjects: Pendidikan > Metode Pengajaran
Depositing User: mrs Editor Pustaka
Date Deposited: 01 Aug 2017 04:23
Last Modified: 01 Aug 2017 04:23
URI: http://digilib.iainlangsa.ac.id/id/eprint/913

Actions (login required)

View Item View Item