FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI PRESTASI BELAJAR MATA PELAJARAN SEJARAH KEBUDAYAAN ISLAM PADA SISWA KELAS VIII MTsN AL-WASHLIYAH KUALA SIMPANG

MIRZA, 110604174 (2011) FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI PRESTASI BELAJAR MATA PELAJARAN SEJARAH KEBUDAYAAN ISLAM PADA SISWA KELAS VIII MTsN AL-WASHLIYAH KUALA SIMPANG. Skripsi thesis, IAIN ZAWIYAH COTKALA LANGSA.

[img]
Preview
Text
110604174.MIRZA.PAI.2011.pdf

Download (1266Kb) | Preview

Abstract

Salah satu parameter yang digunakan untuk mengukur tingkat keberhasilan pendidikan adalah prestasi belajar siswa. Prestasi belajar siswa diharapkan dapat mencapai hasil yang optimal. Sejarah perlu difungsikan sebagai wahana untuk menumbuh kembangkan kecerdasan, kemampuan peserta didk untuk memperoleh pengetahuan tentang masa lalu islam dan kebudayaannya. Proses pembelajaran merupakan serangkaian proses kegiatan yang berhubungan antara guru dengan murid didepan kelas. Guru sebagai pengelola kegiatan belajar mengajar berkawajiban memenuhi terget dan tujuan sebagaimana yang telah direncanakan sebelumnya. Target tersebut adalah ilmu yang diperoleh peserta didik untuk mencapai sasaran dan tujuan pendidikan. Dalam serangkaian proses pembelajaran mata pelajaran sejarah kebudayaan islam dilakukan untuk mendidik siswa dengan menanamkan nilai-nilai budaya islam dalam kehidupan pribadinya, sehingga dapat diwujudkan kehidupan sehari-hari. Pendidikan sejarah kebudayaan islam sangat penting diberikan kepada siswa, agar dapat mempersiapkan siswa menciptakan nilai, prinsip, sikap hidup yang luhur dan islami dalam menjalankan kehudupan sehari-hari. Pembelajaran siswa sejarah kebudayaan islam kepada siswa dapat dilakukan oleh guru bidang studi sejarah kebudayaan islam melalui metode-metode yang efektif agar mudah diterima oleh siswa, baik secara pribadi maupun kelompok. Pembelajaran dengan dengan menggunakan metode tersebut diatas, dilakukan dengan tujuan agar siswa dapat memahami pembelajaran sejarah kebudayaan islam sesuai dengan tingkat pemahaman siswa dikelas, karena setiap siswa mempunyai kemampuan yang berbeda dalam menerima setiap pelajaran. Pembahasan ini penulis lakukan untuk mengetahui bagaimana prestasi belajar mata pelajaran sejarah kebudayaan islam pada siswa kelas VIII di MTs.S AL-WASHLIYAH Kuala Simpang dan faktor apa saja yang mempengaruhinya. Pembahasan ini penulis lakukan dengan melakukan metode Field Research (Penelitian Lapangan). Dalam hal ini penulis mengamati secara langsung kelapangan, dengan mewawancarai responden, kemudian penulis kembangkan sesuai dengan judul ini.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing I: Drs. H. Abdullah, AR, MA Pembimbing II: Zainal Abidin, MA
Uncontrolled Keywords: PENDIDIKAN, METODE PEMBELAJARAN
Subjects: Pendidikan > Metode Pendidikan
Pendidikan > Permasalahan Dalam Pendidikan
Divisions: Fak. Tarbiyah & Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: mrs Editor Pustaka
Date Deposited: 28 May 2015 03:25
Last Modified: 28 May 2015 03:25
URI: http://digilib.iainlangsa.ac.id/id/eprint/83

Actions (login required)

View Item View Item