ROSLINA, 111005508 (2015) EFEKTIVITAS PENGGUNAAN MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS ICT DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI SMK NEGERI 2 KARANG BARU. Skripsi thesis, IAIN ZAWIYAH COTKALA LANGSA.
|
Text
READY.pdf Download (685Kb) | Preview |
Abstract
Skripsi ini berjudul “EFEKTIVITAS PENGGUNAAN MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS ICT DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI SMK NEGERI 2 KARANG BARU”. Akselerasi ICT telah memungkinkan pemabfaatan berbagai jenis media secara bersamaan dalam bentuk multimedia pembelajaran yang memuat komponen audio-visual (suara dan tampilan) untuk penyampaian materi pelajaran dapat menarik perhatian siswa saat belajar. Meskipun kehadiran media pembelajarn berbasis ICT dapat membantu dan memudahkan guru PAI dalam memberikan pemahaman materi kepada siswa akan tetapi masih terdapat guru PAI yang tidak menggunakan hal tersebut sehingga pembelajaran PAI di sekolah masih menggunakan cara konvensional yaitu dengan menggunakan ceramah dan statis kontekstual dan guru masih sebagai orang yang ahli, seperti halnya yang terjadi di SMK Negeri 2 Karang Baru di Kabupaten Aceh Tamiang. Berdasarkan hal tersebut maka peneliti tertarik untuk melakukan penelitian dengan menerapkan media berbasis ICT pada pembelajran PAI di SMK Negeri 2 Karang Baru. Adapun rumusan masalah dalam penelitian ini adalah “Bagaimana efektivitas penggunaan media pembelajaran berbasis ICT dalam meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam di SMK Negeri 2 Karang Baru?”. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dan jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian eksperimen. Dalam penelitian ini yang menjadi populasi adalah seluruh siswa kelas XI SMK Negeri 2 Karang Baru yang terdiri dari 6 kelas. Sampel diambil 2 kelas yaitu kelas TP (Teknik Pendingin) sebagai kelas eksperimen dan kelas SM (Sepeda Motor) sebagai kelas kontrol dengan jumlah siswa masing-masing 20 orang. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan tes, sedangkan pengolahan data dilakukan dengan menggunakan uji-t.Dari hasil pengolahan data dengaan taraf signifikan 0,05 dan derajat kebebasan (dk) = 38 didapat thitung=2,76 dan ttabel= 1,68 berarti 2,76 > 1,68 sehingga diperoleh hasil penelitian bahwa penggunaan media pembelajaran berbasis ICT pada pembelajaran PAI di SMK Negeri 2 Karang Baru sangat efektif. Penggunaan ICT pada pembelajaran PAI dapat meningkatkan hasil belajar siswa bila dibandingkan dengan penggunaan metode ceramah.. Diharapkan pada guru bidang studi PAI dapat melanjutkan uji coba pembelajaran dengan menggunakan media pembelajaran berbasis ICT untuk pokok bahasan materi PAI lainnya ataupun bidang pendidikan lainnya.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Additional Information: | Pembimbing I: Dra. Hj. Purnamawati, MA Pembimbing II: Nani Endri Santi, MA |
Uncontrolled Keywords: | MEDIA PEMBELAJARAN, HASIL BELAJAR, SISWA |
Subjects: | Pendidikan > Media Pendidikan Pendidikan > Siswa |
Divisions: | Fak. Tarbiyah & Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | mrs Editor Pustaka |
Date Deposited: | 25 Jan 2017 02:42 |
Last Modified: | 25 Jan 2017 02:42 |
URI: | http://digilib.iainlangsa.ac.id/id/eprint/812 |
Actions (login required)
View Item |