TINA HERLINA, 111005474 (2015) PERBANDINGAN PEMIKIRAN AL-GHAZALI DAN SKINNER TENTANG GANJARAN DAN HUKUMAN ANALISIS PERSPEKTIF PENDIDIKAN ISLAM. Skripsi thesis, IAIN ZAWIYAH COTKALA LANGSA.
|
Text
READY.pdf Download (148Kb) | Preview |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk : (1) Mengetahui konsep ganjaran dan hukuman secara umum dalam pendidikan Islam. 2) Mengetahui pemikiran al- Ghazali dan Skinner tentang ganjaran dan hukuman. 3)Mengetahui perbandingan pemikiran al-Ghazali dan Skinner tentang ganjaran dan hukuman. Penelitian ini menggunakan Metode Riset Kepustakaan (library research) dengan Tehnik Diskriptif Analitis dan Content Analysis. Dan penelitian yang terkumpul kemudian dianalisis isinya dengan menggeneralisasikannya secara sistematis. Hasil penelitian menunjukkan bahwa perbandingan pemikiran al-Ghazali dan Skinner tentang ganjaran dan hukuman yaitu; (1) ganjaran dalam pendidikan merupakan suatu bentuk penghargaan yang diberikan pada anak didik atas perilakunya yang baik atau atas prestasinya. Ganjaran diharapkan dapat menjadi motivator belajar bagi anak didik. Hukuman dalam pendidikan merupakan suatu cara terakhir dan sebagai alat untuk menghentikan perilaku anak didik yang tidak baik. (2) Ganjaran menurut al-Ghazali terbagi menjadi tiga yaitu: penghargaan berupa kata-kata maupun isyarat, hadiah berupa materi, dan pujian dihadapan orang banyak. Hukuman menurut al-Ghazali dalam pemberiannya melalui tiga tahapan yaitu tahap pertama guru harus memberi kesempatan pada anak didik untuk memperbaiki diri, tahap kedua tahap itu tidak berhasil maka tahap ketiga hukuman fisik barulah diberikan Ganjaran menurut Skinner diistilahkan dengan positive reinforcement. Positive reinforcement merupakan suatu stimulus yang berupa hadiah; dan dalam pelaksanaannya harus sesuai penjadwalan. Punishment oleh Skinner hanya untuk meluruskan perilaku yang menyimpang agar dapat segera dihapuskan.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Additional Information: | Pembimbing I:Dr. Zulkarnain, MA Pembimbing II: Dr. Legiman, M.Ag |
Uncontrolled Keywords: | PEMIKIRAN AL-GHAZALI, SKINNER, ANALISIS |
Subjects: | Pendidikan > Disiplin dalam Pendidikan |
Divisions: | Fak. Tarbiyah & Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | mrs Editor Pustaka |
Date Deposited: | 24 Jan 2017 08:56 |
Last Modified: | 24 Jan 2017 08:56 |
URI: | http://digilib.iainlangsa.ac.id/id/eprint/799 |
Actions (login required)
View Item |