ELIZA FITRI, 111005406 (2015) ANALISIS KOMPARATIF TEORI BELAJAR DALAM PERSPEKTIF ISLAM DAN BARAT. Skripsi thesis, IAIN ZAWIYAH COTKALA LANGSA.
|
Text
7-PDF_1_SKRIPSI ELIZA FITRI.pdf Download (136Kb) | Preview |
Abstract
Pada dasarnya teori belajar merupakan kumpulan prinsip umum yang saling berhubungan dan penjelasan atas sejumlah fakta serta penemuan yang berkaitan dengan peristiwa belajar. Di dunia pendidikan saat ini, setidaknya ada dua pembagian perspektif terhadap teori belajar yaitu perspektif Islam dan Barat, namun apakah kedua pendapat ini saling berhubungan atau tidak, mana yang lebih pantas digunakan dalam dunia pendidikan Islam dan mana yang tidak. Dalam proses pembelajaran, teori belajar selalu dihubungkan dengan stimulus-stimulus dan teori-teori tingkah laku yang menjelaskan respon makhluk hidup. Berbagai teori belajar telah tercipta sebagai hasil kerja keras dari penelitian. Kritik-kritik terhadap teori-teori belajar yang sudah ada dirasakan mempunyai kelemahan. Teori-teori belajar yang baru pun hadir di sisi kehidupan, mengisi lembaran sejarah dalam dunia pendidikan. Berdasarkan latar belakang masalah tersebut, maka yang menjadi rumusan masalah dalam penelitian ini, yaitu: bagaimana teori belajar dalam perspektif Islam?, bagaimana teori belajar dalam perspektif Barat? dan bagaimana perbandingan teori belajar dalam perspektif Islam dan perspektif Barat pada dunia pendidikan? Penelitian yang dilakukan adalah penelitian kepustakaan murni. Data yang diambil oleh peneliti yang utama adalah berupa buku-buku yang berhubungan dengan kajian Islam, kajian teori belajar perspektif Barat, Pendidikan Islam dan lain sebagainya. Data yang dikumpulkan dan diolah secara efektif dan sistematis. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deduktif, yaitu, peneliti berusaha mempelajari sesuatu dengan menyelidiki hal-hal atau peristiwa yang sifatnya umum (publik) menjadi khusus (spesifik) berdasarkan pendapatpendapat tokoh dan teori-teori para pakar ilmu pengetahuan. Menyatukan pendapat-pendapat para ilmuan, kemudian menganalisa pendapat tersebut.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Additional Information: | Pembimbing I: Drs. H. Hasan Ibrahim, MA Pembimbing II: Nani Endri Santi, MA |
Uncontrolled Keywords: | TEORI BELAJAR |
Subjects: | Pendidikan > Metode Pendidikan |
Divisions: | Fak. Tarbiyah & Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | mrs Editor Pustaka |
Date Deposited: | 12 Jan 2017 08:33 |
Last Modified: | 12 Jan 2017 08:33 |
URI: | http://digilib.iainlangsa.ac.id/id/eprint/740 |
Actions (login required)
View Item |