PENINGKATAN KEMAMPUAN PEMAHAMAN MATEMATIK MELALUI PENDEKATAN INDUCTIVE-DEVELOPMENT PADA SISWA KELAS X SMAN 1 MANYAK PAYED

HERA SENTOSA, 1032011209 (2015) PENINGKATAN KEMAMPUAN PEMAHAMAN MATEMATIK MELALUI PENDEKATAN INDUCTIVE-DEVELOPMENT PADA SISWA KELAS X SMAN 1 MANYAK PAYED. Skripsi thesis, IAIN ZAWIYAH COTKALA LANGSA.

[img]
Preview
Text
7-PDF_1_SKRIPS HERA SENTOSA.pdf

Download (849Kb) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menjelaskan tentang bagaimana peningkatan kemampuan pemahaman matematik dan mengetahui bagaimana peningkatan aktivitas guru dan siswa dengan pendekatan inductive-development pada materi bilangan berpangkat siswa kelas X.5 SMA Negeri 1 Manyak Payed. Sejauh ini pembelajaran masih didominasi oleh pandangan bahwa pengetahuan sebagai fakta untuk dihapal dengan maksud memperoleh pemahaman matematik, pendekatan inductive-development dapat dijadikan alternatif yang dapat meningkatkan pemahaman matematik siswa karena pendekatan ini menuntut siswa untuk berusaha sendiri dan menemukan sendiri suatu konsep sehingga akan diingan dengan lebih baik tanpa harus menghapal rumus. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas X.5 SMA Negeri 1 Manyak Payed pada mata pelajaran matematika tahun ajaran 2015/2016 dengan jumlah 40 orang. Objek dalam penelitian ini adalah hasil belajar siswa dengan pendekatan inductive-development pada materi bilangan berpangkat dalam mata pelajaran matematika SMA. Peningkatan pembelajaran dalam penelitian ini, didasarkan pada ketuntasan hasil secara klasikal. Hasil analisa data diperoleh dari 40 siswa terdapat 35 siswa (87,5%) yang memperoleh nilai lebih besar atau sama dengan 70 (tuntas belajar) dan 5 siswa (12,5%) tidak tuntas belajar. Dengan demikian, pembelajaran siswa dengan menggunakan pendekatan inductive-development pada materi bilangan berpangkat kelas X.5 SMA Negeri 1 Manyak Payed tahun ajaran 2015/2016 mengalami peningkatan.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing I: Yusaini, M.Pd Pembimbing II: Rizki Amalia, M.Pd
Uncontrolled Keywords: PENDEKATAN INDUCTIVE-DEVELOPMENT
Subjects: Matematika > Metode Pembelajaran Ilmu Matematika
Divisions: Fak. Tarbiyah & Ilmu Keguruan > Pendidikan Matematika
Depositing User: mrs Editor Pustaka
Date Deposited: 27 Dec 2016 04:04
Last Modified: 27 Dec 2016 04:04
URI: http://digilib.iainlangsa.ac.id/id/eprint/695

Actions (login required)

View Item View Item