SARAH ZULKARNAINI, 131100892 (2015) PERBANDINGAN KEMAMPUAN PEMAHAMAN MATEMATIK SISWA DENGAN MENGGUNAKAN PUZZLE ANTARA SISWA YANG MEMILIKI GAYA BELAJAR VISUAL DAN KINESTETIK DI SMA NEGERI 3 LANGSA. Skripsi thesis, IAIN ZAWIYAH COTKALA LANGSA.
|
Text
READY.pdf Download (986Kb) | Preview |
Abstract
Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui: perbandingan kemampuan pemahaman matematik siswa dengan menggunakan puzzle antara siswa yang memiliki gaya belajar visual dan kinestetik di SMA Negeri 3 Langsa. Penelitian ini merupakan penelitian semi eksperimen. Populasi dalam penelitian ini seluruh siswa kelas X SMA Negeri 3 Langsa. Teknik pengambilan sampel adalah purposive sampling, bertujuan untuk memilih kelas siswa dengan gaya belajar visual dan kinestetik yang paling banyak di antara kelas X. Instrumen yang digunakan terdiri dari; (1) tes Angket gaya belajar sebayak 30 pertanyaan, dan (2) tes pemahaman matematik dengan jumlah 7 soal. Instrumen tersebut diuji validitas ahli dan validitas empiris, ternyata soal kemampuan pemahaman matematik butir-4 tidak valid, sehingga jumlah soal yang diekperimenkan menjadi 6 dengan koefisien reliabelitas sebesar 0,872 dengan kategori sangat tinggi, Jika butir-4 dikeluarkan koefesien reliabelitas meningkat sebesar 0,92. Analisis data dilakukan dengan statistik deskriptif melalui diagram batang dan statistik inferensial digunakan untuk menguji hipotesis dengan mengunakan uji-t. Hasil penelitian dengan mengunakan Statistik deskriftif menunjukkan gaya belajar visual dengan masing-masing indikator pemahaman matematik translation, interpretation dan extrapolation dengan rata-rata skor berturut-turut 86, 80 dan 91 sedangkan total keseluruhannya 86. Gaya belajar kinestetik dengan masing-masing indikator pemahaman matematik translation, interpretation dan extrapolation dengan rata-rata skor berturut-turut 93, 76 dan 80 sedangkan total keseluruhannya 83. Sedangkan hasil pengolahan data dengan mengunakan statistik inferensial dengan mengunakan uji-t taraf singnifikansi gaya belajar visual dan kinestetik sebesar 0,190 lebih dari 0,05 sehingga H0 ditolak. Karena
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Additional Information: | Pembimbing I: Yenni Suzana, M.Pd Pembimbing II: Budi Irwansyah, M.Si |
Uncontrolled Keywords: | KEMAMPUAN SISWA |
Subjects: | Matematika > Metode Pembelajaran Ilmu Matematika |
Divisions: | Fak. Tarbiyah & Ilmu Keguruan > Pendidikan Matematika |
Depositing User: | mrs Editor Pustaka |
Date Deposited: | 27 Dec 2016 03:59 |
Last Modified: | 27 Dec 2016 03:59 |
URI: | http://digilib.iainlangsa.ac.id/id/eprint/694 |
Actions (login required)
View Item |