PENERAPAN KOMBINASI TEORI BELAJAR PAVLOV DENGAN TEORI BELAJAR PIAGET UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA PADA SISWA KELAS X SMA NEGERI 5 LANGSA

YETTY PURNAMASARI, 131000689 (2015) PENERAPAN KOMBINASI TEORI BELAJAR PAVLOV DENGAN TEORI BELAJAR PIAGET UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA PADA SISWA KELAS X SMA NEGERI 5 LANGSA. Skripsi thesis, IAIN ZAWIYAH COTKALA LANGSA.

[img]
Preview
Text
READY.pdf

Download (1377Kb) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah dengan penerapan Kombinasi Teori Belajar Pavlov Dengan Teori Belajar Piaget dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada pokok bahasan Persamaan Kuadrat di SMA Negeri 5 Langsa serta untuk mengetahui bagaimana aktivitas siswa dalam proses belajar mengajar. Adapun yang menjadi rumusan masalah dalam penelitian ini adalah: Apakah Penerapan Kombinasi Teori Belajar Pavlov Dengan Teori Belajar Piaget Untuk Meningkatkan Hasil Belajar matematika pada pokok bahasan persamaan kuadrat di SMA Negeri 5 Langsa dan bagaimana aktivitas siswa dalam proses belajar mengajar? Penelitian ini merupakan penelitian jenis Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Penelitian ini dilaksanakan dalam dua siklus, dengan tahapan tiap siklus terdiri atas; perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi tindakan. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas X IPA 1 Putri SMA Negeri 5 Langsa yang berjumlah 36 orang yang keseluruhannya merupakan perempuan, sedangkan objek dalam penelitian ini adalah untuk meningkatkan hasil belajar matematika dan aktivitas siswa dengan penerapan kombinasi teori belajar Pavlov dengan teori belajar Piaget pada pokok bahasan Persamaan Kuadrat. Instrumen yang digunakan untuk memperoleh data dalam penelitian ini adalah tes dan lembar observasi. Dari hasil penelitan diperoleh bahwa terjadi peningkatan persentase rata-rata hasil pengamatan terhadap kegiatan guru yaitu dari 79,16% pada siklus I menjadi 91,7% pada siklus II, dan peningkatan persentase rata-rata hasil pengamatan terhadap aktivitas siswa yaitu dari 72,25% pada siklus I menjadi 88,6% pada siklus II. Peningkatan persentase ketuntasan klasikal belajar siswa, yaitu dari 61,11% pada siklus I menjadi 88,89% pada siklus II. Berdasarkan hasil penelitian tersebut penulis berkesimpulan bahwa dengan menggunakan kombinasi teori belajar Pavlov dengan teori belajar Piaget dapat meningkatkan hasil belajar matematika pada pokok bahasan persamaan kuadrat di kelas X SMA Negeri 5 Langsa.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing I: Iqbal Ibrahim, M.Pd Pembimbing II: Rita Sari, M.Pd
Uncontrolled Keywords: TEORI BELAJAR PAVLOV,TEORI BELAJAR PIAGET
Subjects: Matematika > Metode Pembelajaran Ilmu Matematika
Divisions: Fak. Tarbiyah & Ilmu Keguruan > Pendidikan Matematika
Depositing User: mrs Editor Pustaka
Date Deposited: 19 Dec 2016 08:34
Last Modified: 19 Dec 2016 08:34
URI: http://digilib.iainlangsa.ac.id/id/eprint/673

Actions (login required)

View Item View Item