KAMAL FAHLEVI, 131000598 (2015) APLIKASI METODE QUANTUM DENGAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE CIRC PADA MATERI TEOREMA PYTHAGORAS TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA KELAS VIII MTsS MUQ LANGSA TAHUN 2014. Skripsi thesis, IAIN ZAWIYAH COTKALA LANGSA.
|
Text
7-PDF_1_Skripsi Akhir Kuliah.pdf Download (174Kb) | Preview |
Abstract
Matematika merupakan salah satu mata pelajaran yang diikutsertakan dalam ujian nasional dan masih dianggap sulit oleh siswa, maka perlu diterapkan suatu model dan metode tertentu, salah satunya ialah Metode Quantum Learning, Metode Quantum merupakan kiat, petunjuk, strategi, dan seluruh proses belajar yang dapat mempertajam pemahaman dan daya ingat, serta membuat belajar sebagai suatu proses yang menyenangkan dan bermanfaat. Dengan metode ini siswa mampu memahami dan mengingat materi yang diajarkan dan dapat mengaplikasikannya dalam berbagai bentuk soal. Dalam penelitian ini Metode Quantum di kolaborasikan dengan salah satu model pembelajaran yang dikenal dengan model pembelajaran kooperatif tipe CIRC. Model ini merupakan salah satu pembelajaran kooperatif dengan membentuk kelompok-kelompok kecil dengan jumlah 5-4 orang secara heterogen. Penerapan model ini dilakukan setelah pemberian materi dengan menggunakan metode quantum hal ini bertujuan untuk memacu daya pikir siswa didalam memecahkan masalah, maka dari itu penulis mengambil judul “Aplikasi Metode Quantum dengan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe CIRC (Cooperative Integrated Reading And Composition) Pada Materi Teorema Pythagoras Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas VIII Semester I MTsS Ulumul Qur’an Kota Langsa”. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: “Bagaimanakah hasil belajar siswa kelas VIII MTsS Ulumul Qur’an dengan menggunakan metode quantum dengan model pembelajaran kooperatif tipe CIRC pada materi pythagoras dapat meningkatkan hasil belajar?” Sumber data yang diteliti adalah siswa kelas VIII Khalid bin Walid tahun ajaran 2014-2015 MTsS Ulumul Qur’an langsa yang terdiri dari 31 siswa. Data diperoleh melalui instrumen tes, observasi dan wawancara. Dalam penelitian ini tes terbagi dua jenis yaitu pretes dan postest, tes dilakukan untuk melihat hasil belajar siswa, lalu observasi bertujuan untuk melihat aktivitas siswa dan guru, wawancara untuk mengetahui permasalahan pada siswa yang menyangkut dengan proses pembelajaran.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Additional Information: | Pembimbing I: Yusaini, M.Pd Pembimbing II: Ariyani Mulyo, M.Pd |
Uncontrolled Keywords: | METODE QUANTUM,, TEOREMA PHYTAGORAS |
Subjects: | Matematika > Metode Pembelajaran Ilmu Matematika |
Divisions: | Fak. Tarbiyah & Ilmu Keguruan > Pendidikan Matematika |
Depositing User: | mrs Editor Pustaka |
Date Deposited: | 15 Dec 2016 03:21 |
Last Modified: | 15 Dec 2016 03:21 |
URI: | http://digilib.iainlangsa.ac.id/id/eprint/653 |
Actions (login required)
View Item |