PRASARI, 130900386 (2015) PENGARUH STRATEGI PEMBELAJARAN AKTIF GIVING QUESTION AND GETTING ANSWER TERHADAP MOTIVASI DAN AKTIVITAS BELAJAR SISWA PADA MATERI BILANGAN BULAT KELAS VII SMP NEGERI 5 BIREM BAYEUN. Skripsi thesis, IAIN ZAWIYAH COTKALA LANGSA.
|
Text
ready.pdf Download (684Kb) | Preview |
Abstract
Sifat yang melekat pada pembelajaran matematika adalah materinya bersifat abstrak, sehingga membuat guru untuk lebih aktif dan kreatif dalam menerapkan strategi pembelajaran yang sesuai dengan karakteristik materi dan tingkat perkembangan mental siswa. Untuk itu perlu dikembangkan suatu strategi pembelajaran yang dapat memacu siswa untuk lebih aktif dan menjadikan suasana pembelajaran menyenangkan yaitu dengan strategi pembelajaran GQGA (Giving question and getting answer). Strategi GQGA adalah satu strategi pembelajaran yang memberi kesempatan para siswa untuk lebih berani bertanya dan menjawab serta mengemukakan pendapatnya. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui pengaruh strategi pembelajar GQGA terhadap motivasi dan mengetahui aktivitas belajar siswa, serta respon siswa terhadap strategi pembelajaran GQGA. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode eksperimen dengan pendekatan kuantitatif. Rancangan penelitian yang menggunakan desain randomized dengan populasi seluruh kelas VII SMP Negeri 5 Birem Bayeun terdiri dari 2 kelas dan sampel penelitian menggunakan teknik random sampling, kelas VIIa sebagai kelas eksperimen dan kelas VIIb sebagai kelas kontrol yang masing-masing berjumlah 21 siswa. Instrumen yang digunakan berupa angket yang terdiri dari 20 item yang telah divalidasi oleh dosen ahli dan lembar observasi, angket respon siswa. Data yang terkumpul kemudian dianalisis menggunakan uji-t. Berdasarkan hasil analisis data diperoleh thitung > ttabel yaitu 23,1 > 2,02 sehingga Ho ditolak dan Ha diterima pada taraf signifikan untuk α = 0,025 pada t tabel dengan (dk = n1 + n2 – 2). Ini menjelaskan bahwa pendekatan strategi GQGA berpengaruh untuk motivasi belajar siswa SMP N 5 Birem Bayeun pada materi bilangan bulat kelas VIIa. Sedangkan aktivitas belajar siswa pada pertemuan I diperoleh 68,45, pertemuan II diperoleh 77,80 dan pada pertemuan III diperoleh 88,43.Dan untuk respon siwa terhadap strategi pembelajaran GQGA tergolong baik. Sehingga dapat disimpulkan bahwa : (1) Terdapat pengaruh strategi pembelajaran GQGA terhadap motivasi belajar siswa pada materi bilangan bulat kelas VII SMP Negeri 5 Birem Rayeuk (2) Aktivitas belajar siswa dengan strategi pembelajaran GQGA dari pertemuan I sampai pertemuan III meningkat menjadi lebih aktif (3) hasil respon siswa terhadap startegi pembelajaran GQGA tergolong baik.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Additional Information: | Pembimbing I: DR. H. Zulkarnain Abdullah, MA Pembimbing II: Srimuliati, M.Pd |
Uncontrolled Keywords: | STRATEGI PEMBELAJARAN, GIVING QUESTION AND GETTING ANSWER, MATERI BILANGAN BULAT |
Subjects: | Pendidikan > Metode Pendidikan |
Divisions: | Fak. Tarbiyah & Ilmu Keguruan > Pendidikan Matematika |
Depositing User: | mrs Editor Pustaka |
Date Deposited: | 02 Dec 2016 03:42 |
Last Modified: | 02 Dec 2016 03:42 |
URI: | http://digilib.iainlangsa.ac.id/id/eprint/646 |
Actions (login required)
View Item |