PENGEMBANGAN LEMBAR KERJA SISWA BERBASIS PENDEKATAN SCIENTIFIC PADA MATERI FUNGSI DI KELAS VIII SMP NEGERI 8 LANGSA

RENDY AFRIANSYAH, 1032011225 (2015) PENGEMBANGAN LEMBAR KERJA SISWA BERBASIS PENDEKATAN SCIENTIFIC PADA MATERI FUNGSI DI KELAS VIII SMP NEGERI 8 LANGSA. Skripsi thesis, IAIN ZAWIYAH COTKALA LANGSA.

[img]
Preview
Text
READY.pdf

Download (241Kb) | Preview

Abstract

Lembar kerja siswa yang digunakan oleh siswa terkesan kurang menarik dan kurang memotivasi. Pada proses pembelajaran di kelas VIII SMPN 8 Langsa, bahan ajar yang biasa digunakan adalah LKS yang dibeli dari luar sekolah dan buku paket. Hal ini berdampak pada hasil belajar siswa. Oleh karena itu, lembar kerja siswa berbasis pendekatan scientific pada materi fungsi dikembangkan sebagai sebuah alternatif baru dalam menyajikan bahan ajar. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tingkat validitas, praktikalitas, dan efektifitas lembar kerja siswa berbasis pendekatan scientific terhadap hasil belajar dan keterampilan belajar siswa. Metode dalam penelitian ini adalah metode pengembangan yaitu metode yang digunakan untuk menghasilkan produk tertentu dan menguji keefektifannya. Model pengembangan yang digunakan adalah model pengembangan ASSURE Validasi instrumen dilakukan oleh 4 orang pakar atau validator. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini meliputi: lembar penilaian berupa angket untuk ahli rancangan/konstruk dan ahli isi/materi, lembaran observasi, angket kesan siswa, wawancara, serta tes. Ujicoba kelompok kecil dilakukan pada 3 orang siswa dan ujicoba lapangan terbatas dilakukan pada 15 orang siswa. Hasilnya menunjukkan bahwa; Lembar kerja siswa berbasis pendekatan scientific yang dirancang sudah valid (meliputi validitas isi dan konstruk) dari sudut pandang pakar rancangan dan pakar matematika; (1) Lembar kerja siswa berbasis pendekatan scientific dapat digunakan oleh siswa dan guru, dalam arti praktis penggunaannya menurut siswa serta guru, dari hasil penghitungan penilaian observer persentase hasil pengamatan rata-rata yakni 89,77% dan dari hasil pengolahan data butir angket kesan siswa persentase totalnya yakni 85%; dan (2) Ketrampilan belajar siswa menggunakan lembar kerja siswa berbasis pendekatan scientific telah mencapai kriteria baik; serta (3) Lembar kerja siswa berbasis pendekatan scientific efektif terhadap hasil belajar siswa yang ditunjukkan dari hasil ulangan dengan persentase ketuntasan mencapai 86,66%.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing I: Jelita, M.Pd Pembimbing II: Ariyani Muljo, M.Pd
Uncontrolled Keywords: LEMBAR KERJA SISWA
Subjects: Pendidikan > Media Pendidikan
Divisions: Fak. Tarbiyah & Ilmu Keguruan > Pendidikan Matematika
Depositing User: mrs Editor Pustaka
Date Deposited: 02 Dec 2016 02:53
Last Modified: 02 Dec 2016 02:53
URI: http://digilib.iainlangsa.ac.id/id/eprint/639

Actions (login required)

View Item View Item