ANALISIS KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIKA SISWA DAN UPAYA MEMPERBAIKINYA DENGAN MENERAPKAN MODEL PEMBELAJARAN TEAM ASSISTED INDIVIDUALIZATION (TAI) DI KELAS IX SMPN 10 LANGSA

KHAIRUL WASIF AW, 131000666 (2015) ANALISIS KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIKA SISWA DAN UPAYA MEMPERBAIKINYA DENGAN MENERAPKAN MODEL PEMBELAJARAN TEAM ASSISTED INDIVIDUALIZATION (TAI) DI KELAS IX SMPN 10 LANGSA. Skripsi thesis, IAIN ZAWIYAH COTKALA LANGSA.

[img]
Preview
Text
ready.pdf

Download (681Kb) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan pemecahan masalah matematika siswa pada materi bilangan berpangkat dan bentuk akar, dengan judul “Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Siswa dan Upaya Memperbaiki Dengan Menggunakan Model Team Assisted Individualization (TAI) di Kelas IX SMP Negeri 10 Langsa”. Adapun rumusan masalah yang diangkat dari penelitian ini adalah; Apakah penggunaan model pembelajaran kooperatif tipe Team Asissted Individualization(TAI) dapat memperbaiki kemampuan pemecahan masalah matematika siswa di kelas IX SMP Negeri 10 Langsa. Penelitian ini merupakan penelitian jenis Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Penelitian ini dilaksanakan dalam dua siklus, dengan tahapan tiap siklus terdiri atas; perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi tindakan. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas IXHalimah SMP Negeri 10 Langsa yang berjumlah 28 orang yang keseluruhannya merupakan perempuan, sedangkan objek dalam penelitian ini adalah peningkatan kemampuan pemecahan masalah matematika siswa dengan menerapkan model pembelajaran Team Asissted Individualization(TAI) tepatnya pada materi bilangan berpangkat dan bentuk akar. Instrumen yang digunakan untuk memperoleh data dalam penelitian ini adalah lembar observasi, wawancara, dan tes. Dari hasil penelitan diperoleh bahwa terjadi peningkatan persentase rata-rata hasil pengamatan terhadap kegiatan guru yaitu dari 62,45% pada siklus I menjadi 92,45% pada siklus II, dan peningkatan persentase rata-rata hasil pengamatan terhadap kegiatan siswa yaitu dari 61,65% pada siklus I menjadi 90,8% pada siklus II. Berdasarkan dari hasil penelitian yang telah dilaksanakan tersebut, maka penulis berkesimpulan bahwa penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Team Asissted Individualization(TAI) dapat memperbaiki kemampuan pemecahan masalah matematika siswa pada materi pokok bilangan berpangkat dan bentuk akar di kelas IX SMP Negeri 10 Langsa.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing I: Yusaini, M.Pd Pembimbing II: Budi Irwansyah, M.Si
Uncontrolled Keywords: TEAM ASSISTED INDIVIDUALIZATION (TAI
Subjects: Matematika > Metode Pembelajaran Ilmu Matematika
Divisions: Fak. Tarbiyah & Ilmu Keguruan > Pendidikan Matematika
Depositing User: mrs Editor Pustaka
Date Deposited: 01 Dec 2016 04:25
Last Modified: 01 Dec 2016 04:25
URI: http://digilib.iainlangsa.ac.id/id/eprint/637

Actions (login required)

View Item View Item