TARI HARLIYANTI, 131000726 (2015) PENGEMBANGAN SOAL MATEMATIKA MODLE TIMSS UNTUK SISWA SEKOLAH MENENGAH PERTAMA. Skripsi thesis, IAIN ZAWIYAH COTKALA LANGSA.
|
Text
ready.pdf Download (753Kb) | Preview |
Abstract
Hasil terbaru dari TIMSS 2011 semakin melengkapi rendahnya kemampuan siswa-siswi Indonesia dibandingkan dengan negara-negara lain. Dalam tes TIMSS negara Indonesia terus menerus berada pada level yang paling bawah. Pada Penyelenggaraan TIMSS terakhir kali pada tahun 2011 Indonesia menduduki peringkat 39 dari 43 negara. Hasil tersebut menunjukkan bahwa siswa Indonesia tidak terbiasa menggunakan penalaran untuk memecahkan masalah yang kompleks (soal non-rutin). Soal-soal matematika dalam studi TIMSS mengukur tingkatan kemampuan siswa dari sekedar mengetahui fakta, prosedur atau konsep, lalu menerapkan fakta, prosedur atau konsep tersebut hingga menggunakannya untuk memecahkan masalah yang sederhana sampai masalah yang memerlukan penalaran tinggi. Penelitian ini bertujuan mengembangkan soal matematika model TIMSS yang valid untuk siswa Sekolah Menengah Pertama (SMP) serta mengetahui efektivitas soal matematika model TIMSS untuk siswa Sekolah Menengah Pertama (SMP). Soal matematika model TIMSS yang dikembangkan berfokus pada materi aljabar dan bilangan. Karena soal matematika model TIMSS yang dikembangkan lebih berorientasi pada kemampuan penalaran dalam memecahkan masalah maka dari itu soal-soal disesuaikan dengan indikator pemecahan masalah matematis. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan dengan model formative evaluation. Soal dikembangkan dalam dua tahap yaitu preliminary dan tahap formatif evaluation yang meliputi self evaluation (analisis dan desain), prototyping (expert reviews, one-to-one dan small group) serta field test. Adapun teknik pengumpulan data yaitu walkthrough, wawancara, dan tes soal matematika model TIMSS dengan instrumen lembar validasi pakar, lembar wawancara, dan hasil tes soal matematika model TIMSS. Pada tahap field test yang terdiri dari 32 siswa diperoleh hasil bahwa nilai rata-rata siswa adalah 61. Nilai tersebut sekaligus menginterpretasikan bahwa soal matematika model TIMSS yang dikembangkan termasuk dalam kategori efektif. Dengan demikian, soal matematika model TIMSS yang dikembangkan dapat digunakan untuk meningkatkan kemampuan penalaran matematis siswa SMP.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Additional Information: | Pembimbing I: Ariyani Muljo, M.Pd Pembimbing II: Junaidi, M.Pd.I |
Uncontrolled Keywords: | TIMSS, SOAL MATEMATIKA |
Subjects: | Matematika > Metode Pembelajaran Ilmu Matematika |
Divisions: | Fak. Tarbiyah & Ilmu Keguruan > Pendidikan Matematika |
Depositing User: | mrs Editor Pustaka |
Date Deposited: | 30 Nov 2016 04:25 |
Last Modified: | 30 Nov 2016 04:25 |
URI: | http://digilib.iainlangsa.ac.id/id/eprint/634 |
Actions (login required)
View Item |