MEYRIS MANILA, 1032010144 (2015) PENGARUH METODE PEMBELAJARAN DOUBLE LOOP PROBLEM SOLVING (DLPS) TERHADAP KEMAMPUAN PENALARAN MATEMATIS SISWA DI KELAS XI SMA NEGERI 5 LANGSA. Skripsi thesis, IAIN ZAWIYAH COTKALA LANGSA.
|
Text
READY.pdf Download (1094Kb) | Preview |
Abstract
Skripsi ini menjelaskan tentang bagaimana Metode Pembelajaran Double Loop Problem Solving terhadap Kemampuan Penalaran Matematis Siswa di Kelas XI SMA Negeri 5 Langsa. Metode pembelajaran Double Loop Problem Solving (DLPS) adalah variasi dari pembelajaran dengan pemecahan masalah dengan penekanan pada pencarian kausal (penyebab) utama dari timbulnya masalah. Metode DLPS juga dikenal dengan metode Pengambilan Keputusan. Keputusan yang diambil dalam metode ini menyangkut proses mempertimbangkan berbagai macam pilihan, yang akhirnya akan sampai pada suatu kesimpulan atas pilihan yang akan diadopsi.metode pembelajaran ini diharapkan dapat meningkatkan kemampuan penalaran matematis siswa khususnya pada materi statistika di kelas XI SMA Negeri 5 Langsa. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui pengaruh metode pembelajaran Double Loop Problem Solving (DLPS) terhadap kemampuan penalaran matematis siswa di kelas XI SMA Negeri 5 Langsa. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode eksperimen dengan pendekatan kuantitatif. Penelitian ini menggunakan rancangan penelitian desain randomized control group pretestposttest dengan menggunakan dua kelompok penelitian. Kelompok penelitian eksperimen dengan menggunakan metode pembelajaran Double Loop Problem Solving (DLPS) dan penelitian kontrol tanpa menggunakan metode pembelajaran Double Loop Problem Solving (DLPS). Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI SMA Negeri 5 Langsa yang terdiri dari 6 (enam) kelas bejumlah 180 orang siswa. Pengambilan sampel pada penelitian ini dengan menggunakan teknik undian yaitu dengan membuat gulungan kertas yang berisi semua populasi dari semua kelas XI yang terdiri dari 6 kelas, kemudian diambil dua gulungan kertas, gulungan kertas yang pertama sebagai kelas eksperimen yaitu kelas XI IPA 3 dengan jumlah siswa sebanyak 31 orang siswa dan gulungan kertas kedua sebagai kelas kontrol yaitu kelas XI IPA 4 dengan jumlah siswa sebanyak 30 orang siswa. Instrumen yang digunakan berupa tes berbentuk uraian terstruktur terdiri dari 5 butir soal yang telah divalidasi oleh siswa kelas XI IPA 3.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Additional Information: | Pembimbing I: Jelita, M.Pd Pembimbing II: Ariyani Muljo, M.Pd |
Uncontrolled Keywords: | DOUBLE LOOP PROBLEM SOLVING (DLPS) |
Subjects: | Matematika > Metode Pembelajaran Ilmu Matematika |
Divisions: | Fak. Tarbiyah & Ilmu Keguruan > Pendidikan Matematika |
Depositing User: | mrs Editor Pustaka |
Date Deposited: | 30 Nov 2016 03:24 |
Last Modified: | 30 Nov 2016 03:24 |
URI: | http://digilib.iainlangsa.ac.id/id/eprint/628 |
Actions (login required)
View Item |