PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE ROUNDTABLE TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA POKOK BAHASAN PEMFAKTORAN BENTUK ALJABAR KELAS VIII SEMESTER I SMP NEGERI 12 LANGSA

EKA TIFANI, 130900341 (2015) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE ROUNDTABLE TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA POKOK BAHASAN PEMFAKTORAN BENTUK ALJABAR KELAS VIII SEMESTER I SMP NEGERI 12 LANGSA. Skripsi thesis, IAIN ZAWIYAH COTKALA LANGSA.

[img]
Preview
Text
READY.pdf

Download (462Kb) | Preview

Abstract

Penggunaan model pembelajaran yang tepat dapat mendorong tumbuhnya rasa senang siswa terhadap suatu pelajaran, sehingga akan meningkatkan motivasi dalam mengerjakan tugas dan memberikan kemudahan bagi siswa untuk memahami pelajaran sehingga siswa dapat mencapai hasil belajar yang lebih baik. Diantara beberapa model pembelajaran yang ada, salah satunya adalah pembelajaran kooperatif tipe Round Table. Dengan penerapan model kooperatif tipe round table ini diharapkan kualitas proses dan hasil pembelajaran matematika pada pokok bahasan pemfaktoran bentuk aljabar dapat ditingkatkan. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah “Adakah Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Roundtable Terhadap Hasil Belajar Siswa Pokok Bahasan Pemfaktoran Bentuk Aljabar Kelas VIII Semester I SMP Negeri 12 Langsa?”. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Roundtable Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Pokok Bahasan Pemfaktoran Bentuk Aljabar Kelas VIII Semester I SMP Negeri 12 Langsa.Jenis penelitian ini adalah penelitian quasi eksperimen (eksperimen semu) dengan menggunakan pendekatan kuantitatif, rancangan penelitiannya desain randomized control group pretest-posttest. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII SMP Negeri 12 Langsa yang berjumlah 42 siswa yang terdiri dari 2 kelas, Pengambilan sampel pada penelitian ini dengan menggunakan teknik undian, dengan kelas eksperimen adalah kelas VIII 2 yang berjumlah 21 siswa dan gulungan kertas kedua sebagai kelas kontrol adalah kelas VIII 1 yang berjumlah 21 siswa.. Instrumen yang digunakan adalah tes berbentuk uraian dengan jumlah 7 butir soal. Untuk uji hipotesis menggunakan statistik parametik dengan uji-t. Dari hasil analisis diperoleh nilai Asym sig (2-tailed) 0,000 yang berarti nilai sig t < α 0,05, sehingga H0 ditolak dan Ha diterima artinya ada pengaruh yang signifikan antara hasil belajar matematika siswa yang belajar dengan menggunakan model pembelajaran Round Table dan yang tidak menggunakan model pembelajaran Round Table

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing I: Nuraida, M.Pd Pembimbing II: Raudhatul Husna, M.Pd
Uncontrolled Keywords: MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE ROUNDTABLE,ALJABAR
Subjects: Matematika > Aljabar
Divisions: Fak. Tarbiyah & Ilmu Keguruan > Pendidikan Matematika
Depositing User: mrs Editor Pustaka
Date Deposited: 29 Nov 2016 03:40
Last Modified: 29 Nov 2016 03:40
URI: http://digilib.iainlangsa.ac.id/id/eprint/622

Actions (login required)

View Item View Item