PENGARUH INTENSITAS KOMUNIKASI ORANG TUA TERHADAP KECERDASAN EMOSI PADA REMAJA (STUDI PENELITIAN KELUARGA PEDAGANG DI KECAMATAN MANYAK PAYED)

MUNAWIR, 206000911 (2012) PENGARUH INTENSITAS KOMUNIKASI ORANG TUA TERHADAP KECERDASAN EMOSI PADA REMAJA (STUDI PENELITIAN KELUARGA PEDAGANG DI KECAMATAN MANYAK PAYED). Skripsi thesis, IAIN ZAWIYAH COTKALA LANGSA.

[img]
Preview
Text
206000911.MUNAWIR.KPI.pdf

Download (945Kb) | Preview

Abstract

Dalam penelitian ini peneliti ingin mengetahui beberapa masalah yang terdapat dalam hubungan kesinambungan komunikasi orang tua dan remaja pada keleurga pedagang di kecamtan manyak payed, dengan memperhatikan kesinambungan komunikasi yang terjalin antara orang tua (kepala keluarga) dengan remaja. Adapun metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kuantitatif dan metode kolerasi dengan teknik analisis korelasional dan pengolahan data menggunakan uji normalitas, uji validititas,uji rehabilitas, dan uji t. Sedangkan teknik analisis korelasional adalah teknik analisis statistic mengenai hubungan antara dua variabel atau lebih. Adapun dalam penelitian ini metode kolerasi digunakan untuk mengetahui ada tidaknya pengaruh variabel X dan Y. Dengan melakukan beberapa pengujian diantaranya: Uji Normalitas, Uji Validitas, Uji Rehabilitas, Uji t. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa: Komunikasi orang tua sangat berpengaruh terhadap kecerdasan emosi remaja. Sesuai dengan hasil pengujian hipotesis, uji hipotesi dengan t hitung =9.124241 dan t tabel 1,980,dengan taraf siknifikan 5% dari jumlah dk(n-1)121-1=120 dan nilai chi sguare tabel sebesar 146.567. Dari uji normalistas dan uji validitas memenuhi hasil pertanyaan angket yang kesemuanya valid. Dari hasil pengujian hipotesis dengan uji t memperoleh nilai t hitung =9.124241 diterima pada taraf signifikansi 5%. Dengan demikian uji t menemukan bahwa hipotesis no (HO) ditolak maka hipotesis alternatif diterima. Variabel X (Pengaruh Kesinambungan Komunikasi Orang Tua), sangat berpengaruh terhadap variable Y (Terhadap kecerdasan emosi remaja pada keluarga pedagang). Artinya kesinambungan komunikasi orang tua berpengaruh positif dan signifikan terhadap kecerdasan emosi remaja, kecerdasan emosi remaja sangat berpengaruh dengan kesinambungan komunikasi orang tua.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing I : Drs. H. Zakaria AB, MM Pembimbing II: Zulkarnain, S.Ag MA
Uncontrolled Keywords: Kecerdasan Emosi, Komunikasi
Subjects: Dakwah > Komunikasi Dakwah
Pendidikan > Psikologi Pendidikan
Dakwah > Pendidikan Dakwah
Divisions: Fak. Ushuluddin, Adab & Dakwah > Komunikasi dan Penyiaran Islam
Depositing User: mrs Editor Pustaka
Date Deposited: 24 Apr 2015 02:39
Last Modified: 29 Jun 2020 02:53
URI: http://digilib.iainlangsa.ac.id/id/eprint/6

Actions (login required)

View Item View Item