KEBERADAAN DAYAH RAUDHATUL ILMI DALAM MENINGKATKAN PEMAHAMAN AGAMA DI GAMPONG URAM JALAN KECAMATAN BANDA ALAM KABUPATEN ACEH TIMUR

NURBAITI, 211001409 (2015) KEBERADAAN DAYAH RAUDHATUL ILMI DALAM MENINGKATKAN PEMAHAMAN AGAMA DI GAMPONG URAM JALAN KECAMATAN BANDA ALAM KABUPATEN ACEH TIMUR. Skripsi thesis, IAIN ZAWIYAH COTKALA LANGSA.

[img]
Preview
Text
ready.pdf

Download (700Kb) | Preview

Abstract

Dayah atau pesantren merupakan sebuah pendidikan Islam yang mempunyai budaya tersendiri, berperan penting di bidang sosial keagamaan. Pesantren merupakan pusat perubahan di bidang pendidikan, politik, budaya, sosial, dan keagamaan, bahkan pada perkembangan selanjutnya pesantren juga dapat menjadi salah satu pusat pengembangan masyarakat di bidang ekonomi. Peranan dayah sebagai sebuah lembaga pendidikan, tentu saja mempunyai tujuan yang ideal, atau tujuan sebagaimana layaknya sebuah lembaga pendidikan lain yang dirumuskan dengan jelas sebagai acuan program-program pendidikan yang diselenggarakannya. Tujuan utama dayah adalah untuk mencapai hikmah atau kebijaksanaan berdasarkan pada ajaran Islam yang dimaksudkan untuk meningkatkan pemahaman tentang arti kehidupan serta realisasi dari peran-peran dan tanggung jawab sosial di dalam masyarakat. Oleh karena itu, Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui keberadaan Dayah Raudhatul Ilmi dalam meningkatkan pemahaman agama di Gampong Uram Jalan Kecamatan Banda Alam Kabupaten Aceh Timur. Dan untuk mengetahui kegiatan-kegiatan apa saja yang dilakukan Dayah Raudhatul Ilmi dalam meningkatkan pemahaman agama di Gampong Uram Jalan Kecamatan Banda Alam Kabupaten Aceh Timur.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing I: Mawardi Siregar, MA Pembimbing II: Zulkarnain, MA
Uncontrolled Keywords: PENDIDIKAN AGAMA
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Islam
Divisions: Fak. Tarbiyah & Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: mrs Editor Pustaka
Date Deposited: 14 Nov 2016 03:46
Last Modified: 14 Nov 2016 03:46
URI: http://digilib.iainlangsa.ac.id/id/eprint/537

Actions (login required)

View Item View Item