KOMUNIKASI PERSUASIF ORANG TUA DALAM MENINGKATKAN MINAT BERBUSANA MUSLIMAH PADA KALANGAN REMAJA DIDESA INGIN JAYA KECAMATAN RANTAU

RETNO LESTARI, 3012011064 (2015) KOMUNIKASI PERSUASIF ORANG TUA DALAM MENINGKATKAN MINAT BERBUSANA MUSLIMAH PADA KALANGAN REMAJA DIDESA INGIN JAYA KECAMATAN RANTAU. Skripsi thesis, IAIN ZAWIYAH COTKALA LANGSA.

[img]
Preview
Text
7-PDF_1_SKRIPSI RETNO LESTARI.pdf

Download (635Kb) | Preview

Abstract

Mengajarkan anak untuk menggunakan busana muslimah yang sesuai dengan ajaran agama Islam merupakan tanggung jawab orang tua khususnya ibu. Dalam mengajak dan meningkatkan minat anak untuk menggunakan busana muslimah, para ibu dihadapkan pada metode yang tepat khususnya metode komunikasi yang digunakan. Para ibu pun sepakat memilih metode komunikasi persuasif karena dianggap lebih efektif dalam menarik dan meningkatkan minat anak untuk menggunakan busana muslimah. Penelitian ini bertujuan untuk melihat bagaimana proses komunikasi persuasi yang dilakukan ibu kepada anak dalam membentuk prilaku anak agar bersedia menggunakan busana muslimah dan istiqamah dalam menggunakannya. Komunikasi persuasif adalah suatu pesan yang disampaikan dengan menggunakan pendekatan pribadi, bersifat ajakan dan tidak memaksa kepada orang lain sehingga komunikan dengan penuh kesadaran memahami dan merubah sikap sesuai dengan yang diharapkan komunikator. Terdapat tiga jenis imbauan persuasif yang digunakan oleh orang tua untuk mengajak dan meningkatkan minat berbusana muslimah kepada anak. Imbauan tersebut yaitu imbauan emosional, imbauan takut dan imbauan rasional. Namun, dari ketiga imbauan tersebut, imbauan emosionalah yang paling banyak digunakan para orang tua untuk mengajak dan meningkatkan minat anak dalam menggunakan busana muslimah. Imbauan emosional dipilih oleh orang tua karena dengan imbauan tersebut orang tua bisa menyentuh emosi (jiwa) anak. Apabila emosi (jiwa) anak sudah tersentuh maka anak akan dengan sukarela dan ikhlas menggunakan busana muslimah. Dalam penelitian ini peneliti menggunakan metode penelitian kualitatif dengan pendekatan deskriptif yaitu suatu penelitian yang bertujuan untuk menggumpulkan data dari lapangan, kemudian menganalisanya dan menarik kesimpulan dari data tersebut. Untuk memperoleh data, keterangan dan informasi yang diperlukan dalam penelitian ini. Peneliti menggunakan instrumen pengumpulan data berupa observasi, wawancara dan dokumentasi. Melalui penelitian kualitatif, peneliti menginterpretasikan semua data-data penelitian sehingga mendapatkan hasil penelitian berdasarkan tujuan penelitian. Dimana anak (remaja) telah bersedia menggunakan busana muslimah yang sesuai dengan syari’at Islam bahkan para anak juga bersedia menggunakan busana muslimah tanpa terpaksa dan terbebani. Selain itu anak juga semakin istiqamah dalam menggunakan busana muslimah. Kesediaan anak untuk menggunakan busana muslimah tak terlepas dari komunikasi persuasi yang dilakukan oleh para ibu melalui cara membujuk, menasehati dan tidak memaksa anak. Cara yang dilakukan oleh para ibu ternyata sangat brpengaruh pada prilaku anak dalam memaknai dan menggunakan busana muslimah.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing I:Ismail Sulaiman, M. Mar. Com Pembimbing II:Danil Putra Arisandy, M.Kom.I
Uncontrolled Keywords: KOMUNIKASI PERSUASIF, BUSANA MUSLIMAH
Subjects: Umum > Komunikasi
Pendidikan > Pendidikan Anak
Divisions: Fak. Ushuluddin, Adab & Dakwah > Komunikasi dan Penyiaran Islam
Depositing User: mrs Editor Pustaka
Date Deposited: 10 Nov 2016 08:25
Last Modified: 10 Nov 2016 08:25
URI: http://digilib.iainlangsa.ac.id/id/eprint/524

Actions (login required)

View Item View Item