PERSEPSI SISWA TENTANG METODE MENGAJAR GURU PROGRAM PENGALAMAN LAPANGAN (PPL) PRODI MATEMATIKA SERTA PENGARUHNYA TERHADAP MOTIVASI BELAJAR SISWA SMAN SE-KOTA LANGSA

Hamdani, 1032012062 (2018) PERSEPSI SISWA TENTANG METODE MENGAJAR GURU PROGRAM PENGALAMAN LAPANGAN (PPL) PRODI MATEMATIKA SERTA PENGARUHNYA TERHADAP MOTIVASI BELAJAR SISWA SMAN SE-KOTA LANGSA. Skripsi thesis, INSTITUT AGAMA ISLAM NEGERI LANGSA.

[img] Text
SKRIPSI HAMDANI FIX.pdf

Download (1MB)

Abstract

Persepsi siswa tentang metode mengajar guru program pengalaman lapangan prodi matematika dapat mempengaruhi motivasį rangsangan kegiatan pembelajaran, dan membawa pengaruh psikologis terhadáp siswa. Pembelajaran matematika dengan Persepsi siswa tentang metode mengajar guru program pengalaman lapangan prodi matematika dapat dipandang sebagai pembelajaran bermakna. Belajar secara bermakna sangat penting untuk mempengaruhi motivasi siswa dalam pelajaran matematika, sehingga peneliti menggunakan persepsi siswa tentang metode mengajar guru program pengalaman lapangan prodi matematika dalam pembelajaran dengan tujuan meningkatkan motivasi siswa. Jenis penelitian ini adalah Penelitian asosiatif. Sampel dalam penelitian ini adalah siswa SMAN se-Kota Langsa kelas XII yang berjumlah 895 siswa. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini meliputi angket terhadap siswa, angket terdiri dari dua bagian yaitu angket persepsi siswa tentang metode mengajar guru program pengalaman lapangan (PPL) dan angket motivasi belajar siswa, yang terdiri dari 18 pernyataan setiap angket. Sedangkan teknik analisis data yang digunakan adalah korelasi product moment, dengan menggunakan rumus korelasi. Penelitian ini dilakukan secara bertahap dari satu sekolah ke sekolah lain, terdapat tiga sekolah yang terpilih dengan jumlah responden 60. Hasil analisis korelasi menunjukkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan metode mengajar guru PPL terhadap motivasi siswa di SMA se-Kota Langsa. Hal ini dibuktikan dengan hasil perhitungan korelasi product moment dengan hasil r hitung Sebesar 0,33854 lebih besar dari r tabel yaitu 0,195. Dengan demikian, dikarenakan r hitung > r tabel yaitu 0,33854 > 0,195 maka dapat dinyatakan bahwa terdapat pengaruh Persepsi siswa tentang metode mengajar guru program pengalaman lapangan prodi matematika terhadap motivasi belaj

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing I : Mazlan, M.Si Pembimbing II: Rita Sari, M.Pd
Uncontrolled Keywords: Metode mengajar, Motivasi Belajar, Matematika
Subjects: Pendidikan > Metode Pengajaran
Divisions: Fak. Tarbiyah & Ilmu Keguruan > Pendidikan Matematika
Depositing User: mrs Editor Pustaka
Date Deposited: 29 Oct 2025 03:52
Last Modified: 29 Oct 2025 03:52
URI: http://digilib.iainlangsa.ac.id/id/eprint/4474

Actions (login required)

View Item View Item