MODEL KOMUNIKASI OWNER COFFE SHOP DALAM MENGHADAPI PERSAINGAN BISNIS DI KOTA LANGSA

Chairullah, 3012017005 (2024) MODEL KOMUNIKASI OWNER COFFE SHOP DALAM MENGHADAPI PERSAINGAN BISNIS DI KOTA LANGSA. Skripsi thesis, INSTITUT AGAMA ISLAM NEGERI LANGSA.

[img] Text
SKRIPSI CHAIRULLAH TURNITIN 2-1.pdf

Download (1MB)

Abstract

Salah satu permasalahan yang dihadapi oleh owner coffee shop adalah kesulitan dalam merancang dan menerapkan model komunikasi yang efektif. Kendala komunikasi ini sering kali menghambat kemampuan mereka untuk beradaptasi dan menonjol di pasar, sehingga mempengaruhi keberlanjutan dan pertumbuhan usaha mereka. Tujuan penelitian adalah untuk mengetahui model komunikasi serta kendala yang dihadapi owner Coffee shop dalam menghadapi persaingan bisnis di Kota Langsa Jenis penelitian yang digunakan adalah studi lapangan, dengan pendekatan kualitatif. Sumber data primer dalam penelitian diperoleh melalui hasil wawancara dengan owner coffee shop. Sumber data sekunder diperoleh dari hasil dokumentasi penelitian. Teknik pengumpulan data dengan menggunakan obesrvasi, dokumentasi dan wawancara. Teknik analisa data yang digunakan adalah reduksi data, penyajian dan dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa model komunikasi yang digunakan coffee shop dalam menghadapi persaingan bisnis di Kota Langsa adalah sebagai berikut: Temu Rasa dan Fin'ns Coffee menggunakan Model Shannon dan Weaver, Kopikay menerapkan Model Berlo, Zona Kupi dan Pasukan Kopi mengadopsi Model Westley dan Maclean. Kendala yang dihadapi oleh owner coffee shop dalam menerapkan model komunikasi dalam menghadapi persaingan usaha Di Kota Langsa adalah kompetisi yang sengit di media sosial yang mempengaruhi visibilitas pesan promosi, adaptasi terhadap perubahan cepat dalam tren pasar yang mempengaruhi strategi pemasaran, serta perlunya manajemen yang efektif terhadap feedback pelanggan untuk mempertahankan kepuasan dan reputasi brand. Selain itu, pelatihan karyawan dan keterbatasan sumber daya juga menjadi faktor krusial dalam menjaga konsistensi dan efektivitas komunikasi.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing I : Dr. Zulkarnain, MA Pembimbing II: Dr. Muslem, MA
Uncontrolled Keywords: Model Komunikasi, Owner, Coffee Shop, Persaingan Bisnis
Subjects: Umum > Komunikasi
Divisions: Fak. Ushuluddin, Adab & Dakwah > Komunikasi dan Penyiaran Islam
Depositing User: mrs Editor Pustaka
Date Deposited: 28 Oct 2025 04:39
Last Modified: 28 Oct 2025 04:39
URI: http://digilib.iainlangsa.ac.id/id/eprint/4471

Actions (login required)

View Item View Item