PENERAPAN METODE PAKISTANI DALAM MENINGKATKAN KUALITAS PEMBELAJARAN TAHFIDZUL QUR’AN DI SD MUHAMMADIYAH LEMBAH JAYA KABUPATEN ACEH TAMIANG

Aliefia Wara, 1052019065 (2024) PENERAPAN METODE PAKISTANI DALAM MENINGKATKAN KUALITAS PEMBELAJARAN TAHFIDZUL QUR’AN DI SD MUHAMMADIYAH LEMBAH JAYA KABUPATEN ACEH TAMIANG. Skripsi thesis, INSTITUT AGAMA ISLAM NEGERI LANGSA.

[img] Text
SKRIPSI ALIEFIA WARA.pdf

Download (1MB)

Abstract

Pakistani merupakan sebuah Metode pembelajaran tahfidzul Qu’ran yang terdiri dari sabaq, sabqi dan Manzil. Metode Pakistani ini menjadi alternative untuk siswa mudah dalam menghafal Al-Qur’an, yang dapat diterapkan untuk meningkatkan kualitas pembelajaran dalam memahami, menghafal, dan mempraktikkan bacaan Al-Qur’an dengan baik. Oleh karena itu, peneliti ingin mengetahui bagaimana penerapan metode Pakistani dalam meningkatkan kualitas hafalan pada pembelajaran Tahfidzul Qur’an di SD Muhammadiyah Lembah Jaya. Metode penelitian yang digunakan adalah Penlitian Tindakan Kelas (PTK). Penelitian dilaksanakan dalam dua siklus, tiap siklus terdiri atas perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi dan refleksi. Subjek penelitian ini dilakukan pada siswa khusus kelas Tahfidzul Qur’an yang berjumlah 16 siswa. Pengumpulan data yang digunakan peneliti adalah PTK Kualitatif. Hasil yang diperoleh dari penelitian ini antara lain : 1). Keterlaksanaan metode pembelajaran Tahfidzul Qur’an dengan baik 2). Hasil belajar siswa pada pembelajaran Tahfidzul Qur’an setiap siklus mengalami peningkatan diatas nilai KKM yaitu 70 setelah diterapkan metode pembelajaran Pakistani hasil pembelajaran pada siklus 1 adalah terdapat 13 orang siswa yang mencapai ketuntasan yaitu mendapat hasil sebanyak 81,25%. Pada siklus II, terdapatnya peningkatan dimana terdapat 15 siswa yang mencapai ketuntasan yaitu mendapatkan hasil sebanyak 93,75%. Dengan demikian dalam penerapan metode Pakistani ternyata mampu meningkatkan kemampuan menghafal Alqur’an pada siswa dalam mata pembelajaran Tahfidzul Qur’an di SD Muhammadiah Lembah Jaya Kabupaten Aceh Tamiang.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing I : Dr. Zulfitri, MA Pembimbing II: Junaidi, M.Pd.I
Uncontrolled Keywords: Metode Pakistani, Kualiatas Pembelajaran, Tahfidzul Qur’an.
Subjects: Pendidikan > Metode Pengajaran
Divisions: Fak. Tarbiyah & Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: mrs Editor Pustaka
Date Deposited: 28 Oct 2025 04:20
Last Modified: 28 Oct 2025 04:20
URI: http://digilib.iainlangsa.ac.id/id/eprint/4469

Actions (login required)

View Item View Item