Roni Suparjo, 5032022078 (2024) MODERNISASI DESAIN PEMBELAJARAN PAI BERBASIS TPACK DALAM MENGEMBANGKAN KOMPETENSI 4C SISWA DI SMP MUHAMMADIYAH LANGSA. Masters thesis, INSTITUT AGAMA ISLAM NEGERI LANGSA.
|
Text
RONI SUPARJO.pdf Download (4MB) |
Abstract
SMP Muhammadiyah Langsa telah melakukan pembaharuan pembelajaran melalui fasilitas digital yang tersedia di setiap kelas. Guru PAI di SMP tersebut telah mengajar dengan menerapkan TPACK dalam desain pembelajaran yang dirancang dengan tujuan untuk mengembangkan kemampuan 4C siswa. Hal ini telah menunjukkan bagusnya kualitas pendidikan pada sekolah menengah tersebut. Hal inilah yang ingin dilihat secara lebih mendalam melalui kajian ilmiah dalam tesis ini. Tujuan penelitian tesis ini ialah ingin melihat seperti apa bentuk modernisasi desain pembelajaran berbasis TPACK di SMP Muhammadiyah Langsa dengan judul “Modernisasi Desain Pembelajaran PAI Berbasis TPACK Dalam Mengembangkan Kompetensi 4C Siswa Di SMP Muhammadiyah Langsa”. Penelitian ini merupakan jenis penelitian kualitatif dengan menggunakan metode wawancara, observasi dan dokumentasi sebagai metode pengumpulan data serta analisis data secara triangulasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa modernisasi desain pembelajaran PAI berbasis TPACK di SMP Muhammadiyah Langsa dapat dilihat dari lima komponen yaitu pertama desain tujuan pembelajaran PAI yang disesuaikan dengan kemampuan siswa dalam memahami materi ajar, kedua desain media pembelajaran berbasis teknologi, ketiga desain perancangan pembelajaran serta pengelolaan manajemen kelas yang aktif dan menyenangkan, keempat desain materi pembelajaran yang memudahkan siswa dalam penguasaan materi, kelima desain evaluasi pembelajaran berbasis pendalaman karakter siswa dan teknologi google form. Modernisasi desain pembelajaran PAI berbasis TPACK telah berhasil dalam mengembangkan Kompetensi 4C Siswa dengan menjadikan siswa di SMP Muhammadiyah Langsa memiliki kemampuan yang baik dalam berkomunikasi, berkolaborasi, berpikir kritis dan berpikir kreatif. Faktor pendukung dalam modernisasi desain pembelajaran berbasis TPACK untuk meningkatkan kompetensi 4C siswa di SMP Muhammadiyah Langsa ialah faktor guru yang ahli dalam mengelola pembelajaran berbasis TPACK, siswa yang aktif dalam pembelajaran, bahan ajar yang tersedia dengan baik, kelengkapan sarana dan prasarana digital disetiap kelas dan startegi pengajaran yang variatif oleh guru PAI. Adapun faktor penghambatnya ialah siswa yang acuh dan tidak memperhatikan saat pembelajaran berlangsung serta terbatasnya waktu dalam proses pembelajaran.
| Item Type: | Thesis (Masters) |
|---|---|
| Additional Information: | Pembimbing I : Dr. Yusaini, M.Pd Pembimbing II: Dr. Hamdani, M.A |
| Uncontrolled Keywords: | Kata Kunci : Desain Pembelajaran, TPACK, Kompetensi 4C Siswa |
| Subjects: | Pendidikan > Metode Pendidikan Pendidikan > Metode Pengajaran |
| Divisions: | Pasca. Pendidikan Agama Islam |
| Depositing User: | mrs Editor Pustaka |
| Date Deposited: | 28 Oct 2025 03:15 |
| Last Modified: | 28 Oct 2025 03:15 |
| URI: | http://digilib.iainlangsa.ac.id/id/eprint/4467 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |
