Tia Sumayada Sirait, 3012017053 (2022) Pola Komunikasi Guru Sd Negeri Blang Tualang Dalam Mengajarkan Pendidikan Agama Islam Terhadap Anak Didik. Skripsi thesis, INSTITUT AGAMA ISLAM NEGERI LANGSA.
![]() |
Text
SKRIPSI TIA SUMAYADA SIRAIT NIM 3012017053.pdf Download (1MB) |
Abstract
Tia Sumayada Sirait, Pola Komunikasi Guru Sd Negeri Blang Tualang Dalam Mengajarkan Pendidikan Agama Islam Terhadap Anak Didik. Program Studi Komunikasi dan Penyiaran Islam Fakultas Ushuluddin Adab dan Dakwah Institut Agama Islam Negeri Langsa. SD Negeri Blang Tualang merupakan satu satunya lembaga pendidikan yang berada di desa Blang Tualang Kecamatan Birem Bayeun Kabupaten Aceh Timur. Dikarenakan jaraknya yang terpencil banyak kesulitan yang dialami oleh guru dan murid di SD Negeri Blang Tualang. Keterbatasan waktu dan sarana yang dimiliki juga sangat mempengaruhi guru SD Negeri Blang Tualang dalam mendidik muridnya terutama dalam Pendidikan Agama Islam, sehingga sekolah mengeluarkan berbagai kebijakan dengan berlandaskan pendidikan Agama Islam. Agar pendidikan terus berjalan dengan maksimal maka guru memiliki peran yang sangat penting dalam pendidikan di SD Negeri Blang Tualang, dan komunikasi yang baiklah yang menjadi salah satu faktor kesuksesan dalam pendidikan. sehingga dengan demikian diperlukannya konsep pola komunikasi antara guru dan murid yang baik agar proses belajar berjalan dengan efektif. Adapun teori yang digunakan adalah teori S-O-R yang mana S bermakna Stimulus dalam perspektif komunikasi dapat diartikan sebagai rangsangan, O maknanya Organism dalam perspektif komunikasi bermakna media, dan R berarti Reaction dalam perspektif komunikasi bermakna respon atau efek. Metodologi yang digunakan dalam penelitian ini adalah metodologi kualitatif deskriptif dan metode pengumpulan data dilakukan dengan observasi, wawancara dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan, komunikasi yang dipakai dalam mengajarkan pendidikan Agama Islam bervariasi, ada komunikasi kelompok yang bersifat satu arah, ada komunikasi antar pribadi yang dan ada komunikasi kelompok kecil yang bersifat banyak arah, semua komunikasi tersebut berlangsung secara tatap muka. Sedangkan faktor penghambat pola komunikasi antara guru dan murid adalah faktor murid, faktor lingkungan, dan faktor geografis.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Additional Information: | Pembimbing I :Zulkarnain, S.Ag, MA Pembimbing II:Anwar, S.Ag, M.Kom.I |
Uncontrolled Keywords: | Pola Komunikasi, Guru, Pendidikan Agama Islam |
Subjects: | Pendidikan > Metode Pengajaran |
Divisions: | Fak. Ushuluddin, Adab & Dakwah > Komunikasi dan Penyiaran Islam |
Depositing User: | mrs Editor Pustaka |
Date Deposited: | 20 Oct 2025 09:11 |
Last Modified: | 20 Oct 2025 09:11 |
URI: | http://digilib.iainlangsa.ac.id/id/eprint/4462 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |