Pengembangan Bahan ajar huruf hijaiyyah untuk meningkatkan keterampilan menulis arab pada anak Di Rumah Qur‟an PPA Langsa

Cut Mutia, 1012020007 (2025) Pengembangan Bahan ajar huruf hijaiyyah untuk meningkatkan keterampilan menulis arab pada anak Di Rumah Qur‟an PPA Langsa. Skripsi thesis, INSTITUT AGAMA ISLAM NEGERI LANGSA.

[img] Text
CUT MUTIA-1.pdf

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini menjelaskan langkah-langkah mengembangkan produk bahan ajar dalam bentuk buku penulisan huruf hijaiyyah. Rumah Qur‟an PPA Langsa belum memiliki bahan ajar untuk pembelajaran menulis huruf hijaiyyah, serta keterbatasan guru dalam memanfaatkan media pembelajaran. Oleh karenanya, peneliti berinisiatif mengembangkan media pembelajaran berupa bahan ajar penulisan huruf hijaiyyah. Tujuan peneliti mengembangkan media ini ialah untuk mengetahui bagaimana mengembangkan bahan ajar huruf hijaiyyah untuk anak anak di Rumah Qur‟an PPA Langsa, untuk mengetahui uji kelayakan bahan huruf hijaiyyah (validitas) untuk anak-anak di Rumah Qur‟an PPA Langsa, dan untuk mengetahui apakah bahan ajar dapat digunakan oleh anak didik di Rumah Qur‟an PPA Langsa. Penelitian ini menggunakan penelitian dan pengembangan R&D (Reseach and Development) dengan model pengembangan ADDIE yang dikembangkan oleh Dick and Carry (1996) yang memakai 5 (lima) tahapan, yaitu analisis, desain, pengembangan, implementasi dan evaluasi. Mengembangkan media bahan ajar penulisan huruf hijaiyyah pada materi menulis huruf arab yang tunggal, disesuaikan dengan karakter anak didik agar tujuan pembelajaran tercapai. Karena anak-anak bersifat aktif dan berimajinasi tinggi, maka peneliti menambahkan gambar dan memberikan warna pada bahan ajar agar menjadi daya tarik anak didik untuk mempelajarinya. Setelah media dikembangkan selanjutnya media buku saku dinilai kelayakannya oleh ahli media Ibu Suhelayanti, M.Pd.I, dengan nilai rata-rata 91 % , Ahli materi oleh Bapak Dr. Hatta Sabri, M.Pd dengan nilai rata-rata 100 % dan respon anak didik dengan jumlah sampel 10 anak dengan perolehan nilai rata-rata 98 %. Pengumpulan data menggunakan analisis deskriptif kuantitatif dan analisis deskriptif kualitatif. Dengan perolehan nilai rata-rata anak didik yang telah didapatkan maka bahan ajar layak untuk digunakan oleh anak didik di Rumah Qur‟an PPA Langsa.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing I :Syamsiah Z, M.Pd.I, Pembimbing II:Saptiani, M.Pd
Uncontrolled Keywords: Pengembangan, Bahan ajar huruf hijaiyyah, anak-anak
Subjects: Bahasa Arab > Kemampuan Menulis dalam Bahasa Arab
Divisions: Fak. Tarbiyah & Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: mrs Editor Pustaka
Date Deposited: 30 Sep 2025 04:33
Last Modified: 30 Sep 2025 04:33
URI: http://digilib.iainlangsa.ac.id/id/eprint/4458

Actions (login required)

View Item View Item