Konsepsi dan Implementasi Moderasi Beragama pada Pembelajaran PAI di MA Aceh Utara

Nyak Cut Fadhilah, 5032023018 (2025) Konsepsi dan Implementasi Moderasi Beragama pada Pembelajaran PAI di MA Aceh Utara. Masters thesis, INSTITUT AGAMA ISLAM NEGERI LANGSA.

[img] Text
CETAK TESIS NYAK CUT FADHILAH.pdf

Download (6MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis konsepsi dan implementasi moderasi beragama dalam pembelajaran Pendidikan Agama Islam di Madrasah Aliyah (MA) di Aceh Utara. Pendekatan penelitian yang digunakan adalah kualitatif dengan metode deskriptif analitis. Data dikumpulkan melalui observasi, wawancara mendalam, dan studi dokumen di dua Madrasah Aliyah, yaitu Madrasah Aliyah Negeri (MAN) 2 Aceh Utara dan Madrasah Aliyah Negeri (MAN) 3 Aceh Utara. Fokus penelitian meliputi kebijakan moderasi beragama oleh Kementerian Agama, kandungan nilai-nilai moderasi dalam kurikulum Pendidikan Agama Islam, dan praktik moderasi di lingkungan madrasah. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kebijakan moderasi beragama diterapkan Kementerian Agama kepada lingkungan madrasah melalui pelatihan khusus moderasi beragama bagi para kepala madrasah dan penyisipan materi-materi moderasi beragama dalam kegiatan-kegiatan seperti seminar dan lokakarya bagi guru-guru madrasah. Guru-guru Pendidikan Agama Islam di Madrasah Aliyah di Aceh Utara memahami nilai-nilai dan indikator-indikator moderasi beragama dengan baik dan menerapkannya dalam berbagai dimensi kurikulum, khususnya dalam pembelajaran materi materi Pendidikan Agama Islam seperti materi Akidah Akhlak dan Sejarah Kebudayaan Islam. Praktik moderasi beragama siswa yang sangat menonjol pada lingkungan madrasah adalah apresiasi budaya lokal yang tercermin dalam minat tinggi dalam ekstrakurikuler seni budaya, cinta tanah air yang tercermin dalam minat besar dalam mengikuti kegiatan Pramuka dan keterlibatan dalam Upacara Bendera, dan anti kekerasan yang tercermin dalam keengganan berdebat tentang urusan-urusan khilafiah dalam agama. Meskipun guru mengaku siswa bersikap toleran terhadap perbedaan terkait keagamaan, namun toleransi tinggi, berdasarkan wawancara mendalam dengan siswa dan sejauh yang dapat diamati, sebagaimana dikehendaki dalam indikator moderasi beragama tidak benar-benar terwujud.

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information: Pembimbing I: Prof. Dr. Zulkarnaini, MA Pembimbing II:Dr. Mustamar Iqbal Siregar MA.
Uncontrolled Keywords: Kebijakan Pendidikan, Moderasi Beragama; Madrasah Aliyah, Aceh Utara, Pendidikan Agama Islam
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Islam
Divisions: Pasca. Pendidikan Agama Islam
Depositing User: mrs Editor Pustaka
Date Deposited: 30 Sep 2025 04:13
Last Modified: 30 Sep 2025 04:13
URI: http://digilib.iainlangsa.ac.id/id/eprint/4455

Actions (login required)

View Item View Item