Derry Lestari, 1052015002 (2022) Analisis Stimulus Wicara Pada Anak Tunagrahita Di Sekolah Dasar Luar Biasa (SDLB) Langsa. Skripsi thesis, INSTITUT AGAMA ISLAM NEGERI LANGSA.
![]() |
Text
DERRY LESTARI (1).pdf Download (982kB) |
Abstract
Anak tunagrahita memiliki kesulitan untuk berinteraksi dan memusatkan perhatiannya sehingga dalam pembelajaran tentunya membutuhkan penanganan khusus berbeda dengan anak lainnya. Dengan demikian, guru hendaknya berupaya untuk membantu menangani kesulitan anak tunagrahita dalam belajar. Jika guru menunjukkan sikap positif, maka pembelajaran akan menyenangkan dan sikap positif tersebut dapat mendorong anak menjadi bersemangat. Permasalahn yang dikaji dalam penelitian ini adalah bagaimanakah stimuluswicara yang diberikan kepadaanak tunagrahita agar mereka berbicara ?. Subjek penelitian ini adalah siswa tunagrahita SDLB Langsa. Jenis Penelitian yang digunakan yaitu jenis penelitian kualitatif deskriptif. Data dikumpulkan dengan cara melakukan wawancara, observasi dan dokumentasi yang relavan dengan tujuan penelitian. Dari hasil penelitian yang dilakukan untuk mengatasi masalah tersebut ialah dengan metode tatap muka (face to face) bertemu secara langsung, bertatap muka dengantara guru dan siswa. Metode pembelajaran yang digunakan dengan teknik individual yang dilakukan dengan bimbingan individu sedangkan teknik secara kelompok dengan menggunakan metode ceramah, tanya jawab yang dialkukan secara berulang-ulang agara materi yang disampaikan dapat dipahami oleh siswa tunagrahita. Tujuan penerapan metode pembelajaran ini adalah untuk meningkatkan daya ingat anak agar dapat mengingat materi yang dipelajari. Dari pembahasan tersebut dapat disimpulkan bahwa terjadi analisis stimulus eicara pada anak tunagrahita di SDLB Langsa melalui penerapan metode pembelajran yang dilakukan guru terhadap anak tunagrahita sangat efektif.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Additional Information: | Pembimbing I :Rita Sari, M. Pd Pembimbing II:Chery Julida Panjaitan, M.Pd |
Uncontrolled Keywords: | Stimulus Wicara, Pendidikan Inklusif, Anak Tunagrahita |
Subjects: | Pendidikan > Pendidikan Khusus |
Divisions: | Fak. Tarbiyah & Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah |
Depositing User: | mrs Editor Pustaka |
Date Deposited: | 29 Sep 2025 05:27 |
Last Modified: | 29 Sep 2025 05:27 |
URI: | http://digilib.iainlangsa.ac.id/id/eprint/4440 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |