Implementasi Metode Silabel dalam Mengatasi Kesulitan Membaca Teks pada Siswa di SDN 2 Meurandeh Kota Langsa

Dyah Anggraini, 1052021105 (2025) Implementasi Metode Silabel dalam Mengatasi Kesulitan Membaca Teks pada Siswa di SDN 2 Meurandeh Kota Langsa. Skripsi thesis, INSTITUT AGAMA ISLAM NEGERI LANGSA.

[img] Text
Dyah Anggraini Skripsi .pdf

Download (2MB)

Abstract

Permasalahan dalam pembelajaran membaca permulaan masih menjadi tantangan utama di tingkat sekolah dasar, khususnya pada siswa kelas I yang belum sepenuhnya menguasai kemampuan mengenal huruf, suku kata, dan membaca kalimat sederhana. Di SDN 2 Meurandeh Kota Langsa, ditemukan bahwa sebagian besar siswa kelas I mengalami kesulitan dalam membaca teks, ditandai dengan ketidakmampuan mengenali bunyi huruf, terbata-bata dalam membaca, hingga kurangnya pemahaman terhadap isi bacaan. Penelitian ini bertujuan untuk mengatasi kesulitan membaca teks melalui penerapan metode silabel. Metode silabel diyakini efektif karena membantu siswa memecah kata ke dalam suku kata sehingga lebih mudah dibaca dan dipahami. Penelitian ini menggunakan pendekatan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) model Kemmis dan McTaggart yang dilakukan dalam dua siklus, masing-masing terdiri dari tahap perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi, dan refleksi. Subjek penelitian adalah siswa kelas I SDN 2 Meurandeh yang berjumlah 21 orang. Teknik pengumpulan data meliputi observasi aktivitas siswa dan guru serta dokumentasi kegiatan pembelajaran. Analisis data dilakukan dengan membandingkan capaian skor dan aktivitas siswa dari siklus I ke siklus II. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan kemampuan membaca siswa secara signifikan. Rata-rata skor siswa meningkat dari 69 pada siklus I menjadi 75,5 pada siklus II, dengan persentase ketuntasan klasikal mencapai 95,23%. Implikasi dari penelitian ini menunjukkan bahwa metode silabel merupakan strategi pembelajaran yang efektif dan dapat diterapkan oleh guru kelas awal untuk mengatasi kesulitan membaca teks secara bertahap dan menyenangkan. Metode ini juga dapat menjadi referensi bagi guru dalam menciptakan suasana belajar membaca yang lebih interaktif dan terarah.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing I :Cut Intan Meutia, MA Pembimbing II:Fadhillah Wiandari, MS
Uncontrolled Keywords: Metode Silabel, Membaca Permulaan, Kesulitan Membaca.
Subjects: Pendidikan > Metode Pengajaran
Divisions: Fak. Tarbiyah & Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: mrs Editor Pustaka
Date Deposited: 29 Sep 2025 05:10
Last Modified: 29 Sep 2025 05:10
URI: http://digilib.iainlangsa.ac.id/id/eprint/4439

Actions (login required)

View Item View Item