PENGARUH PENGETAHUAN, KUALITAS PELAYANAN DAN PROMOSI TERHADAP MINAT MENABUNG PADA BANK BSI KOTA

Nazala Fasya, 4012017181 (2022) PENGARUH PENGETAHUAN, KUALITAS PELAYANAN DAN PROMOSI TERHADAP MINAT MENABUNG PADA BANK BSI KOTA. Skripsi thesis, INSTITUT AGAMA ISLAM NEGERI LANGSA.

[img] Text
SKRIPSI NAZALA FASYA.pdf

Download (651kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah pengaruh terhadap pengetahuan, kualitas pelayanan, dan promosi secara parsial maupun secara simultan terhadap minat menabung remaja pada Bank BSI Kota Langsa. Penelitian ini penelitian kuantitatif dan dikumpulkan data melalui kuesioner yang disebar dengan sistem Online tepatnya dengan menggunakan fitur Google Form. Populasi dalam penelitian ini sebanyak 16,617 orang dan untuk penelitian ini sampel hanya diperlukan sebanyak 94 sampel. Alat analisis data yang digunakan adalah metode asumsi klasik, analisis regresi berganda, dan uji hipotesis. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: (1) variabel pengetahuan berpengaruh positif dan signifikan terhadap minat menabung remaja pada Bank BSI Kota Langsa, ditunjukkan dengan nilai koefisien pengetahuan (X1) nilai t hitung diperoleh 4,558 > 1,66216 (t tabel) dan nilai sig diperoleh dengan nilai 0,000 < 0,05. (2) variabel kualitas pelayanan berpengaruh positif dan signifikan terhadap minat menabung remaja pada Bank BSI Kota Langsa, ditunjukkan dengan nilai koefisien kualitas pelayanan (X2) nilai t hitung diperoleh 2,913 > 1,66216 (t tabel) dan nilai sig diperoleh dengan nilai 0,005 < 0,05. (3) variabel promosi berpengaruh positif dan signifikan terhadap minat menabung remaja pada Bank BSI Kota Langsa, ditunjukkan dengan nilai koefisien promosi (X3) nilai t hitung 4,095 > 1,66216 (t tabel) dan nilai sig diperoleh dengan nilai 0,000 < 0,05. (4) secara simultan pengetahuan, kualitas pelayanan, dan promosi nilai koefisien determinasi (R2) sebesar 0,645 atau 64,5%. Nilai tersebut menunjukkan bahwa 64,5% minat menabung remaja pada Bank BSI Kota Langsa dipengaruhi oleh pengetahuan, kualitas pelayanan, dan promosi. Sedangkan sisanya 35,5% dipengaruhi oleh kontribusi variabel bebas yang tidak diteliti oleh penelitian ini.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing I : M. Yahya, SE., M.Si., MM Pembimbing II: Khairatun Hisan, S.Pd.I., S.E., M.Sc
Uncontrolled Keywords: Pengetahuan, Kualitas Pelayanan, Promosi, Minat Menabung
Subjects: Muamalat > Perbankan Syariah
Divisions: Fak. Ekonomi & Bisnis Islam > Perbankan Syariah
Depositing User: mrs Editor Pustaka
Date Deposited: 23 Sep 2025 03:54
Last Modified: 23 Sep 2025 03:54
URI: http://digilib.iainlangsa.ac.id/id/eprint/4435

Actions (login required)

View Item View Item