Efektivitas Komunikasi Interpersonal Guru Dan Murid Dalam Penanaman Kepribadian Muslim Di Sd Muhammadiyah 2 Langsa

Mujiburriza, 3012020029 (2024) Efektivitas Komunikasi Interpersonal Guru Dan Murid Dalam Penanaman Kepribadian Muslim Di Sd Muhammadiyah 2 Langsa. Skripsi thesis, INSTITUT AGAMA ISLAM NEGERI LANGSA.

[img] Text
SKRIPSI MUJIBURRIZA dan pengesahan.pdf

Download (1MB)

Abstract

Kegiatan belajar mengajar hakikatnya aktivitas antara pendidik dan peserta didik, salah satunya belajar tentang penanaman kepribadian muslim pada tingkat sekolah dasar sangat dibutuhkan komunikasi interpersonal yang efektif dengan siswa. Dalam proses mengajar anak sekolah pada dasarnya memiliki hambatan, maka dibutuhkan pendekatan dan komunikasi yang khusus untuk menghindari kendala agar pesan tersampaikan pada siswa. Dari penjelasan tersebut rumusan masalah dalam penelitian ini adalah bagaimana efektivitas komunikasi interpersonal guru dan murid dalam penanaman kepribadian muslim di sd muhammadiyah 2 langsa, dan faktor menjadi penghambat komunikasi interpersonal guru dan murid dalam penanaman kepribadian muslim di sd muhammadiyah 2 langsa. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui efektivitas komunikasi interpersonal guru dan murid dalam penanaman kepribadian muslim di SD muhammadiyah 2 langsa, dan faktor penghambat komunikasi interpersonal guru dan murid dalam penanaman kepribadian muslim di SD muhammadiyah 2 langsa, penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan informan penelitian terdiri tujuh orang, teknik pengumpulan data dengan observasi, wawancara dan dokumentasi serta analisis data menggunakan reduksi data, penyajian data, menarik kesimpulan dan verifikasi serta pengecekan data dengan trianggulasi sumber. Penelitian ini mengunakan teori Penetrasi Sosial oleh Irwin Altman dan Dalmas Taylor pada tahun 1973. Hasil penelitian menunjukkan bahwa; Komunikasi interpersonal antara guru dan siswa dalam penanaman kepribadian muslim sudah berlangsung dengan efektif, dan keefektivan komunikasi interpersonal dipahami melalui model Joseph A. DeVito; keterbukaan, (sifat terang-terangan yang ditunjukkan oleh guru), empati, (yaitu saling merasa kondisi yang terjadi), dukungan (yaitu memberikan motivasi dan pujian), sikap positif (merespon setiap karakter siswa dengan positif), kesetaraan (yaitu penanaman keperibadian muslim dengan sebanding, sepandan dan seimbang sesuai batas kemampuan siswa). Sedangkan faktor penghambat komunikasi interpersonal guru dan siswa yaitu dari aspek; hambatan psikologis (kejiwaan siswa), hambatan sosiologis (lingkungan sosial siswa), latar belakang keluarga yang berbeda-beda, keteladanan (yaitu sifat teladan dari guru untuk diamati oleh siswa)

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing I : Dr.Zulkarnain, MA Pembimbing II: Anwar, S.Ag., M.Kom.I
Uncontrolled Keywords: Efektivitas, Komunikasi Interpersonal, Guru dan Siswa, Penanaman Kepribadian Muslim
Subjects: Pendidikan > Konseling Pendidikan
Divisions: Fak. Ushuluddin, Adab & Dakwah > Komunikasi dan Penyiaran Islam
Depositing User: mrs Editor Pustaka
Date Deposited: 22 Sep 2025 04:26
Last Modified: 22 Sep 2025 04:26
URI: http://digilib.iainlangsa.ac.id/id/eprint/4432

Actions (login required)

View Item View Item