PROBLEMATIKA MEDIA SOSIAL TERHADAP PERILAKU SISWA SD MUHAMMADIYAH 2 LANGSA

Meidy Tamara,, 1052019042 (2024) PROBLEMATIKA MEDIA SOSIAL TERHADAP PERILAKU SISWA SD MUHAMMADIYAH 2 LANGSA. Skripsi thesis, INSTITUT AGAMA ISLAM NEGERI LANGSA.

[img] Text
SKRIPSI MEIDY PGMI FULL.pdf

Download (890kB)

Abstract

Perkembangan media sosial yang semakin pesat tidak hanya terjadi pada negaranegara maju saja, di negara berkembang seperti negara Indonesia. Namun perkembangan media sosial tersebut memberikan pengaruh atas perilaku dari siswa. Penelitian ini bertujuan untuk untuk mengetahui bagaimana problematika media sosial terhadap perilaku siswa di SD Muhammadiyah 2 Langsa dan saran dan solusi terhadap problematika media sosial terhadap perilaku siswa di SD Muhammadiyah 2 Langsa. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif. Subjek dalam penelitian ini adalah guru dan siswa di SD Muhammadiyah 2 Langsa. Teknik pengumpulan data menggunakan angket dan wawancara. Hasil penelitian menunjukkan bahwa problematika media sosial terhadap perilaku siswa di SD Muhammadiyah 2 Langsa terlihat pada perilaku belajar siswa dan perilaku sosial siswa. Dalam perilaku belajar siswa memiliki dampak positif dimana siswa akan cenderung memiliki wawasan yang lebih luas dikarenakan adanya berbagai macam informasi yang ditemukan dari media sosial, kemudian kepercayaan diri siswa juga lebih meningkat karena kebiasaan siswa yang ,mengikuti seseorang dengan tingkat kepercayaan diri yang baik serta kemampuan digital siswa yang menjadi lebih baik. Dampak negatif perilaku belajar siswa yaitu dimana siswa menjadi malas belajar karena lebih memilih untuk mengakses media sosial. Sedangkan pada perilaku sosial siswa bahwa media sosial menjadikan siswa menjadi seseorang yang individualistik dan memiliki cara berkomunikasi yang kurang sopan ketika berinteraksi dengan orang lain. Saran dan solusi terhadap problematika media sosial terhadap perilaku siswa di SD Muhammadiyah 2 Langsa yaitu dengan memberikan saran kepada orang melalui seminar edukasi yang diadakan di sekolah agar orang tua dapat meningkatkan pengawasannya terhadap penggunaan media sosial anak. Selain itu guru juga memberikan solusi dengan menerapkan sistem penggunaan gadget dan media sosial dalam pembelajaran sehingga pengetahuan siswa terkait fungsi media sosial bukan hanya semata untuk hiburan saja, namun juga dapat digunakan sebagai wadah dalam berkarya

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing I : Dr. Zainal Abidin, MA Pembimbing II: Muhammad Iqbal, M.Pd.I
Uncontrolled Keywords: Media Sosial, Perilaku Siswa, Problematika
Subjects: Pendidikan > Kendala Dlm Bidang Pendidikan
Divisions: Fak. Tarbiyah & Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: mrs Editor Pustaka
Date Deposited: 22 Sep 2025 03:57
Last Modified: 22 Sep 2025 03:57
URI: http://digilib.iainlangsa.ac.id/id/eprint/4431

Actions (login required)

View Item View Item