Latifah Durra, 4022020009 (2025) PENGARUH KUALITAS LAYANAN ELEKTRONIK, KUALITAS INFORMASI DAN PERSEPSI NILAI TERHADAP LOYALITAS PELANGGAN DRAIV DI KOTA LANGSA. Skripsi thesis, INSTITUT AGAMA ISLAM NEGERI LANGSA.
![]() |
Text
Skripsi LatifahDurra (1) (2) (1).pdf Download (1MB) |
Abstract
Draiv adalah layanan transportasi online melalui sebuah aplikasi yang memiliki standar dalam pelayanan. Draiv menjadi pionir layanan ojek berbasis aplikasi mobile melalui layanan nya. Dengan ini, pengguna aplikasi Draiv cukup memesan ojek melalui aplikasi mobile secara online dan nantinya akan dijemput atau diantar oleh draiver yang merespon pesanan pengguna. Draiv sangat membantu masyarakat di Kota Langsa dalam kegiatan sehari hari. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: Pengaruh kualitas layanan elektronik kualitas informasi dan persepsi nilai terhadap loyalitas pelanggan draiv di Kota Langsa. Penelitian ini merupakan jenis penelitian kuantitatif dengan model analisis regresi linear berganda menggunakan data primer. Populasi pada penelitian ini adalah seluruh pelanggan pengguna draiv di Kota Langsa. Populasi pada penelitian ini berjumlah 194,730 ribu jiwadengan jumlah sampel sebanyak 100 orang yang menggunakan rumus Lemeshow, dengan teknik accidental sampling. Hasil perhitungan dengan menggunakan SPSS21 yaitu hasil uji f menunjukkan bahwa H0 di tolak yang artinya variabel kualitas layanan elektronik (X1), kualitas informasi (X2) dan persepsi nilai (X3) berpengaruh secara simultan terhadap loyalitas pelanggan Draiv di Kota Langsa (Y) karena f hitung 32,296 > 2,70 dan signifikan yaitu 0,00 < 0,05. Sedangkan hasil uji t menunjukkan bahwa variabel kualitas layanan elektronik (X1) berpengaruh secara parsial terhadap loyalitas pelanggan Draiv di Kota Langsa karna nilai yang didapat yaitu t hitung 3,584 > 1,984 t tabel maka H0 di tolak, sedangkan kualitas informasi (X2) berpengaruh secara parsial terhadap loyalitas pelanggan Draiv di Kota Langsa karna nilai yang didapat t hitung 4,495 > 1,984 t tabel maka H0 di tolak, terakhir variabel persepsi nilai (X3) yaitu t hitung 1,336 < 1,984 t tabel maka H0 diterima yang artinya secara parsial variabel persepsi nilai tidak berpengaruh signifikan terhadap loyalitas pelanggan Draiv di Kota Langsa. Nilai hasil uji regresi linear berganda Y= -0,844 + 0,257X1 + 0,321X2 + 0,64X3 + e. Sedangkan nilai hasil uji koefisien determinasi sebesar nilai adjusted R Square sebesar 0,502 yang artinya pengaruh variabel kualitas layanan elektronik (X1), kualitas informasi (X2) dan persepsi nilai (X3) hanya mampu menjelaskan sebesar 50,2% terkait dengan loyalitas pelanggan Draiv (Y) dan sisanya sebesar 49,8% dipengaruhi oleh faktor-faktor lain yang tidak diteliti.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Additional Information: | Pembimbing I : FAkhrizal, Lc., MA Pembimbing II: Zulfa Eliza, M.Si |
Uncontrolled Keywords: | Kualitas elektronik, Kualitas Informasi, Persepsi Nilai, Loyalitas Pelanggan |
Subjects: | Umum > Ilmu Ekonomi |
Divisions: | Fak. Ekonomi & Bisnis Islam > Ekonomi Syariah |
Depositing User: | mrs Editor Pustaka |
Date Deposited: | 22 Sep 2025 03:34 |
Last Modified: | 22 Sep 2025 03:34 |
URI: | http://digilib.iainlangsa.ac.id/id/eprint/4427 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |