Pengaruh Kesadaran Diri Terhadap Self Regulated Learning Pada Remaja Akhir di SMA Negeri 1 Langsa

Intan Maulina, 3022020008 (2024) Pengaruh Kesadaran Diri Terhadap Self Regulated Learning Pada Remaja Akhir di SMA Negeri 1 Langsa. Skripsi thesis, INSTITUT AGAMA ISLAM NEGERI LANGSA.

[img] Text
SKRIPSI INTAN MAULINA SIAP.pdf

Download (1MB)

Abstract

Masa remaja akhir adalah periode penting ketika individu mulai memprioritaskan aktivitas yang mendukung pencapaian tujuan hidup mereka, seperti mengerjakan tugas sekolah, belajar, mempersiapkan diri untuk ujian, atau mengulang materi pembelajaran. Namun, kenyataannya, banyak remaja akhir, khususnya siswa sekolah menengah atas, yang melakukan proses belajar tanpa adanya perencanaan, pemantauan, pengendalian, dan evaluasi yang memadai. Akibatnya, mereka sering menunda pekerjaan, menyelesaikan tugas secara asalasalan, belajar dengan sistem kebut semalam, atau hanya belajar saat mendekati ujian. Untuk meningkatkan minat belajar, kesiapan, dan rasa tanggung jawab sebagai pelajar, diperlukan kesadaran diri serta kemampuan Self-Regulated Learning pada remaja akhir. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk meneliti dampak kesadaran diri terhadap pembelajaran yang diatur sendiri pada remaja akhir di SMA Negeri 1 Langsa. Siswa SMA Negeri 1 Langsa yang merupakan remaja akhir merupakan populasi untuk teknik penelitian kuantitatif ini. Prosedur pemilihan acak dasar digunakan untuk memilih 96 siswa yang menjadi sampel penelitian. Skala kesadaran diri dan skala pembelajaran yang diatur sendiri digunakan untuk pengumpulan data, dan teknik regresi linier sederhana diterapkan untuk analisis data. Berdasarkan hasil penelitian, tingkat kesadaran diri dan regulasi diri belajar siswa berada pada rentang sedang, dengan persentase masing-masing sebesar 72,9% dan 77,1%. Dengan menggunakan analisis regresi linier sederhana diperoleh nilai koefisien korelasi sebesar 0,722 dengan taraf signifikansi < 0,05 (0,000 < 0,05). Berdasarkan hasil penelitian tersebut, kesadaran diri dan regulasi diri belajar berkorelasi positif dan signifikan pada remaja akhir di SMA Negeri 1 Langsa. Dengan demikian, penelitian ini menunjukkan bahwa pada kelompok remaja akhir, kesadaran diri berpengaruh secara signifikan terhadap regulasi diri belajar.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing I : Dedy Surya, M.Psi Pembimbing II:Wan Chalidaziah, M.Pd
Uncontrolled Keywords: Kesadaran Diri, Self Regulated Learning, Remaja Akhir
Subjects: Pendidikan > Bimbingan Pendidikan
Divisions: Fak. Ushuluddin, Adab & Dakwah > Bimbingan dan Konseling Islam
Depositing User: mrs Editor Pustaka
Date Deposited: 22 Sep 2025 03:07
Last Modified: 22 Sep 2025 03:07
URI: http://digilib.iainlangsa.ac.id/id/eprint/4425

Actions (login required)

View Item View Item