Hafifah Putri, 1052019008 (2023) STUDI KASUS PENGGUNAAN GADGET TERHADAP KEMAUAN BELAJAR ANAK USIA 6-7 TAHUN DI GAMPONG PAYA BUJOK TEUNGOH. Skripsi thesis, INSTITUT AGAMA ISLAM NEGERI LANGSA.
![]() |
Text
SKRIPSI HAFIFAH PUTRI 1052019008 .pdf Download (1MB) |
Abstract
Penggunaan gadget di Gampong Paya Bujok Teungoh, tidak sepenuhnya digunakan oleh orang dewasa usia 18 tahun keatas, tetapi gadget juga digunakan oleh anak-anak usia 6-12 tahun. Orang tua memberikan gadget kepada anak karena mereka berpikir bahwa gadget mudah digunakan untuk belajar membaca, menulis, berhitung dan sebagainya. Banyak aplikasi-aplikasi edukatif bahkan permainan edukatif yang bisa membuat anak semakin pintar. Gadget juga digunakan agar anak tidak sering bermain keluar rumah. Padahal penggunaan gadget yang terlalu lama dan berlebihan serta tidak dengan pngawasan serta aturan yang tepat, penggunaan gadget dapat berpengaruh negatif terhadap kemauan belajar anak. Tujuan dari penelitian ini sendiri adalah untuk mengetahui Penggunaan Gadget terhadap Kemauan belajar anak Usia 6-7 tahun di Gampong Paya Bujok Teungoh. Jenis penelitian yang di gunakan adalah penelitian studi kasus dengan pendekatan kualitatif deskriptif. Studi kasus merupakan strategi penelitian dimana didalam nya peneliti menyelidiki secara cermat suatu program, peristiwa, aktivitas, proses atau sekelompok individu. Studi kasus dalam penelitian ini adalah studi kasus (case study) dengan rancangan single case studi (studi kasus tunggal). Lokasi penelitian berada di Gampong Paya Bujok Teungoh. Teknik pengumpulan data yang di gunakan diantaranya, observasi, wawancara dan dokumentasi. Dengan menggunakan analisis data kualitatif yaitu reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan dan verifikasi untuk mengetahui bagaimana penggunaan gadget terhadap kemauan belajar anak usia 6-7 tahun di Gampong Paya Bujok Teungoh. Hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa Penggunaan gadget pada anak yang berusia 6-7 tahun harus selalu di awasi orang tua ataupun keluarga di sekitarnya, dengan di berikan batas waktu yang sesuai agar anak tidak ketergantungan untuk terus menggunakan gadget. Akibat dari ketergantungan gadget pada anak tersebut sangatlah mempengaruhi kemuan belajar nya, karena anak kemudian tidak mau belajar jika tidak disuruh, baik itu ketika pembelajaran di sekolah maupun di rumah, hal tersebut menandakan bahwa kemauan belajar anak tidak timbul dari diri nya sendiri tetapi dari suruhan maupun paksaan.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Additional Information: | Pembimbing I : Junaidi, M.Pd.i Pembimbing II: Suhelayanti, M.Pd |
Uncontrolled Keywords: | Penggunaan Gadget, Gadget, kemauan belajar. |
Subjects: | Pendidikan > Media Pendidikan |
Divisions: | Fak. Tarbiyah & Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah |
Depositing User: | mrs Editor Pustaka |
Date Deposited: | 25 Aug 2025 02:53 |
Last Modified: | 25 Aug 2025 02:53 |
URI: | http://digilib.iainlangsa.ac.id/id/eprint/4409 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |